Pacitan, Surga Bahari Tersembunyi

Pacitan, sebuah kabupaten kecil yang hanya memiliki dua belas kecamatan ini memang seolah dipandang sebelah mata oleh para traveller. Apalagi kota kelahiran mantan presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono, ini seperti terisolasi bagi orang-orang yang ingin menghabiskan masa liburannya. Padahal Kabupaten Pacitan ini terkenal dengan sebutan Kota 1001 Goa dan Pantai. Karena letak geografisnya yang berada di pesisir, maka sangat banyak wisata bahari yang cantik di Pacitan.
Bermacam-macam pantai tersedia di Pacitan beserta fasilitas bermain air yang lumayan memadai sesuai dengan jenis pantai. Seperti di Pantai Kasap, Watu Karung, Klayar, Pidakan, dan Soge. Mereka adalah beberapa pesona yang sedang booming di kalangan pecinta pantai. Sebagian besar pantai di Pacitan memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih. Beberapa di antaranya juga memiliki ombak yang cukup tinggi dan cocok untuk surfing. Sebagian besar pantai di Pacitan berada jauh dari kota sehingga suasananya cenderung masih sepi. Pantai tersembunyi ini biasanya justru memiliki pesona yang luar biasa cantik.
Salah satu pantai di Pacitan yang tergolong masih alami yaitu Pantai Kasap. Pantai Kasap adalah salah satu pantai yang berada di Kabupaten Pacitan yang memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan. Pantai ini memiliki pemandangan yang mirip dengan salah satu pantai di Indonesia yang cukup populer, yaitu Pantai Raja Ampat yang terkenal lebih dahulu akan keindahan alam berupa pulau-pulau kecil yang tersebar di tengah laut. Dari kemiripan tersebut beberapa wisatawan yang datang ke Pantai Kasap menyebutnya dengan “Raja Ampatnya Pacitan”. Untuk menuju pantai ini, wisatawan bisa melalui jalur arah ke Pantai Watu Karung, tepatnya setelah gerbang loket Pantai Watu Karung belok kiri. Wisatawan harus berhati-hati karena jalan lumayan sempit, selanjutnya ikuti terus jalan sampai menemukan papan info untuk menuju ke Pantai Kasap. Di sini wisatawan juga bisa menikmati Sungai Cokel dengan menyewa perahu nelayan yang sudah tersedia di lokasi.
Pantai Kasap ini memiliki karakteristik yang khas, yaitu bebatuan karang serta pasir putih. Selain itu, Pantai Kasap termasuk pantai yang memiliki ombak laut yang cukup besar, sehingga jika bermain di tepian pantai diharapkan untuk selalu waspada akan datangnya ombak laut yang datang secara tiba-tiba. Untuk menikmati view yang mirip dengan Pantai Raja Ampat, wisatawan harus naik ke bukit di sebelah pantai ini dengan melewati jalan setapak. Sesampainya di atas bukit, mata akan dimanjakan dengan pemandangan yang cukup keren, yaitu beberapa pulau kecil yang ada di tengah laut. Pantai ini berbatasan dengan Pantai Watu Karung dan Pantai Seruni.
Ombak dengan tipe reef break dan dasar laut berupa batu karang menjadi daya tarik bagi peselancar internasional yang mulai berdatangan sejak 2007. Keindahannya tersebar lewat jejaring sosial antar peselancar lokal dan luar negeri. Sejak saat itu, Pantai Watu Karung kian populer di kalangan surfer luar negeri. Mereka datang dari Prancis, Amerika Serikat, Australia, dan Spanyol. Selain itu, Pantai Watu Karung memiliki hamparan pasir putih yang begitu cantik. Ditambah lagi air lautnya yang berwarna biru kehijauan. Pulau-pulau karang serta pohon pinus yang ada di kawasan pantai ini semakin mempercantik pemandangan pantai.
Pantai Watu Karung juga pernah masuk majalah Surfing Waves dengan foto juara Rip Curl Pro Search 2008, Bruce Irons, asal Amerika Serikat pada cover-nya. Hal ini yang membuat pantai ini semakin diminati para peselancar. Selain selancar, ada banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa dinikmati di pantai cantik ini, mulai dari berenang, menyusuri pinggiran pantai yang berpasir putih nan lembut, bermain volley pantai, dan tak ketinggalan berfoto-foto. Meski ombak di pantai ini tergolong besar, namun aktivitas berenang masih aman dilakukan di sini.
Pantai Klayar menyimpan sejumlah keindahan alam yang mengagumkan. Pesona dan keunikannya pada hamparan pasir yang putih, adanya karang raksasa laksana Sphinx, air mancur alami setinggi 10 meter, serta bebatuan karang dengan bentuk yang unik, dan suguhan seruling samudera. Pantai Klayar memiliki banyak tebing yang beberapa di antaranya bolong akibat terjangan ombak. Selain itu, juga memiliki jajaran pohon kepala yang berbaris rapi di garis pantai. Di pantai ini, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang mengingat banyaknya tebing serta ombaknya yang tergolong besar.  Pantai Klayar mempunyai keunikan yang disebut sebagai seruling samudra. Seruling samudera adalah sebutan untuk fenomena cekungan yang ada pada bagian bawah tebing di pantai. Saat cekungan ini diterjang ombak laut, maka air laut keluar menyembur ke permukaan melalui sela-sela berbatuan dan menghasilkan bunyi yang indah laksana bunyi seruling.
Sebuah hal unik lainnya adalah patung yang menyerupai bentuk Sphinx sebagaimana yang ada di Mesir. Keunikan ini terbentuk akibat banyaknya tebing-tebing tinggi di kawasan Pantai Klayar yang jika dilihat dari kejauhan menyuguhkan pemandangan laksana Patung Sphinx. Wisatawan tentu saja dapat menaiki tebing ini, tetapi sudah sepatutnya menjaga kehati-hatian untuk keselamatan. Mengingat tebing ini tergolong curam dan tinggi. Wisatawan juga dapat menyaksikan beberapa warga lokal memanjat pohon kelapa untuk mengambil air deresan. Air ini selanjutnya akan digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan gula jawa. Air yang memiliki rasa manis ini disebut legen. Wisatawan dapat mencicipinya di Pantai Klayar. Di kala senja tiba, sunset di Pantai Klayar Pacitan adalah salah satu yang menawan. Sejauh mata memandang horizon, akan mendapati suguhan panorama pantai yang indah dengan nuansa alami yang begitu kental.
Jika pernah melakukan perjalanan darat menyusuri jalur lintas selatan Kabupaten Pacitan, dapat dipastikan akan terhenti pada saat melintas di Pantai Soge. Melihat beberapa orang yang sedang bermain air tawar di muara pantainya. Letak pantai yang berada di pinggir jalan raya ini menjadi daya tarik utama Pantai Soge, ditambah adanya muara yang menambah keunikan pantai ini. Takjub, itu adalah kata pertama yang paling pas untuk menggambarkan betapa indahnya eksotika landscape Pantai Soge yang terbentang di kawasan Samudera Hindia. Alur muara sungainya pun berkelok-kelok sehingga wisatawan dapat mengitari pasir putih yang membentang luas di sekitaran pantai. Pasir putih ini dapat memberi ruang bagi para wisatawan yang ingin bermain apa saja sembari menikmati keindahan alami pantai. Sementara debur ombak terus bergulung dan memecah di tepian pantai.
Masih di jalur lintas selatan, deburan ombak dipadukan dengan hamparan batu putih menyelimuti seluruh bibir pantai. Pantai ini bernama Pantai Pidakan. Sepanjang bibir pantai berhamparan batu putih membuatnya menjadi berbeda dan lebih istimewa. Pohon-pohon kelapa yang masih asri mempercantik area Pantai Pidakan. Sekilas pesona pantai ini terletak pada banyaknya pohon-pohon kelapa di tanah lapang. Untuk para pecinta fotografi, pantai ini sangat ideal sekali karena banyak pohon dan kerikil sebagai latar yang cantik. Selain itu, di pantai ini terdapat banyak bintang laut maupun biota laut lainnya, seperti bulu babi, landak laut, kepiting bakau, dan cangkang-cangkang kerang. Pemandangan yang sangat indah juga bisa dilihat ketika matahari terbenam. Nah, itulah sebagian pesona bahari Kabupaten Pacitan yang wajib dikunjungi oleh para pecinta pantai.Amey

Bagikan informasi ini: