Graha Rektorat Baru, Menuju Sistem Layanan Terpadu

DCIM100MEDIADJI_0154.JPG

DCIM100MEDIADJI_0154.JPG

Guna menunjang kualitas sebuah institusi diperlukan suatu sarana dan prasarana di dalamnya. Dalam mewujudkan hal tersebut, Universitas Negeri Malang (UM) telah melakukan perluasan sarana dan prasarana yang ada di lingkungan kampus. Salah satunya adalah pembangunan Gedung Rektorat. Gedung yang awalnya terletak di Jalan Surabaya ini akan segera dipindahkan ke Jalan Semarang.

Sejak tahun 2011, pihak UM telah merencanakan dengan matang proses pembangunan Graha Rektorat ini. Mengenai pemindahan lokasi pun telah dipertimbangkan dengan berbagai tujuan, salah satunya adalah karena Jalan Semarang telah menjadi pintu masuk utama UM dan merupakan wilayah milik UM. Gedung yang rencananya diresmikan pada 18 Oktober 2017 ini diharapkan akan menjadi sebuah kebanggaan dan identitas tersendiri bagi UM.
Sebagai gambaran makro, Graha Rektorat ini akan digunakan sebagai tempat bagi rektor, wakil rektor, dan para staf ahli wakil rektor. Selain itu, juga digunakan untuk sistem manajemen menyeluruh tingkat universitas, seperti Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi dan Kerjasama (BAKPIK), Biro Umum dan Keuangan (BUK), Kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3), Dewan Pengawas, Guru Besar, Satuan Pengawas Internal (SPI), Satuan Penjaminan Mutu (SPM), Pusat Bisnis, Unit Layanan Pengadaan (ULP), dan unit-unit terkait lainnya. Seluruh sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) UM juga ditempatkan di sini. Unit Layanan Terpadu UM akan ditempatkan di lantai 1 sayap kanan Graha Rektorat, seperti Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang merupakan salah satu bagian dari layanan terpadu. Layanan Terpadu memberikan segala informasi mengenai UM yang dibutuhkan oleh masyarakat dan sivitas akademika secara mudah. Bukan hanya mengenai informasi melainkan juga melayani mengenai pengaduan. ā€œPemindahan layanan terpadu ke Graha Rektorat diharapkan dapat mewujudkan layanan prima kepada seluruh sivitas akademika,” harap Dr. I Wayan Dasna, M.Si, M.Ed, Wakil Rektor IV.
Selain itu terdapat pula taman-taman di sekitar Graha Rektorat yang sesuai dengan tujuan UM untuk mewujudkan kampus dalam taman. Taman tersebut diantaranya adalah taman lingkar yang terletak di pintu gerbang masuk Jalan Semarang. Pembangunan Graha Rektorat ini telah dirancang khusus guna mendapatkan lingkungan kerja yang lebih kondusif sehingga akan menciptakan kinerja yang baik. Proses pembangunan gedung yang terdiri atas sembilan lantai ini pun kini telah mencapai 85% dan mulai dapat dimanfaatkan bersamaan dengan perayaan Dies Natalies UM yang ke-63.Fanisha

Bagikan informasi ini: