Menuju Laboratorium Online

SONY DSC

SONY DSC

Persatuan Pranata Laboratorium Pendidikan Indonesia (PPLPI) yang dinaungi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) mengadakan kegiatan Workshop and Training Nasional. Kegiatan ini membahas tentang penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Online Laboratorium Pendidikan (Sionlap) serta Metode Peneliti Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)-Jurnal Inovasi & Pengelolaan Laboratorium (Jipel) bagi PLP, Laboratoriun/Teknisi, Kepala Laboratorium, Dosen, dan Guru Pengelola Laboratorium. Acara yang bertempat di The Same Hotel Malang ini diatur oleh panitia PPLPI yang berkolaborasi dengan Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang), dan Politeknik Negeri Malang (Polinema). “Ini kali kedua kami mengadakan acara pelatihan, tahun ini kami bertuan rumah di UIN Malang, sehingga melibatkan beberapa mahasiswa UIN Malang dalam kepanitiaan dan acara ini dibuka oleh Rektor UIN Malang karena Bapak Dirjen berhalangan hadir,” tutur Ardyansah, ketua pelaksana.
Acara yang diadakan dua hari (24-25/09) ini dihadiri lebih dari 150 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Para peserta diberi pilihan untuk masuk kelas full training atau kelas pengenalan software. Tujuan diadakan training ini guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pranata laboratorium pendidik dengan menulis karya ilmiah. Pemateri-pemateri dalam workshop didatangkan dari Dikti, UM, UIN Malang, UB, dan PPLPI. “Memperkenalkan IT (information technology, red.) untuk manajemen laboratorium ini penting guna mengembangkan laboratorium manual menjadi laboratorium online, seperti dalam hal peminjaman bisa jadi lebih terintegrasi dan mengetahui jumlah alat yang masih baik maupun rusak. Hal ini akan mempermudah PLP dalam pekerjaannya karena semua menggunakan sistem berbasis IT,” tutur Dr. Eng. Siti Sendari, S.T., M.T., pemateri dari Fakultas Teknik (FT) UM.
“UM memiliki laboratorium yang statusnya fungsional hanya di Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA),” tutur Rina  Triturani sebagai pranata laboratorium FMIPA.Amey

Bagikan informasi ini: