Jalan Sehat sembari Launching Klub Bersepeda

Universitas Negeri Malang (UM) kembali menyelenggarakan hajat besar tahunan dalam rangka memperingati Dies Natalis UM ke-63. Di usianya yang ke-63, UM kali ini mengangkat tema “Berkarya untuk Bangsa”. Tema ini merupakan wujud cinta UM untuk Indonesia. Berkarya atau bisa juga diistilahkan dengan bekerja selaras dengan slogan pemerintah pada peringatan HUT RI ke-72, “Indonesia Kerja Bersama”. Artinya, dalam bekerja harus dapat menciptakan sebuah karya yang bermanfaat bagi Indonesia.
Pada acara Dies Natalis UM ke-63 banyak agenda yang diselenggarakan oleh UM, salah satunya adalah jalan sehat yang dilaksanakan pada Minggu (08/10) pukul 06.00 bertempat di lapangan depan Gedung A2. Tidak hanya jalan sehat saja, ada pula senam aerobik, bazar, dan tentunya panggung hiburan yang ikut meramaikan Dies Natalis.
Selain kegiatan tersebut, pada Dies Natalis tahun ini juga diadakan launching UM Cycling Club atau bisa disebut klub bersepeda. Launching yang bersamaan dengan jalan sehat itu dipimpin langsung oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. Ketua Dies Natalis UM ke-63, Nandang Mufti, S.Si., M.T., Ph.D. menuturkan bahwa launching UM Cycling Club sengaja dibarengkan dengan kegiatan jalan sehat agar perayaan Dies Natalis UM ke-63 lebih semarak. “Kami menggabungkan launching UM Cycling Club bersamaan jalan sehat agar acara berlangsung lebih semarak,” pungkas Nandang.
Peserta gowes menempuh jarak sekitar 17 km dengan start dan finish di Lapangan A2 UM. UM Cycling Club ini beranggotakan 55 orang, yang terdiri atas para dosen dan tenaga kependidikan UM. Selain itu, para peserta juga dapat menikmati layanan pijat gratis, serta layanan kesehatan gratis lainnya dari mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM.
Peserta jalan sehat Dies Natalis ke-63 kali ini diikuti kurang lebih 14.000 peserta. Mereka menempuh rute dari Jalan Surabaya, Jalan Jakarta, Jalan Bandung, Jalan Veteran, Jalan Ambarawa, dan finish di lapangan depan gedung A2 UM. Setelah sampai finish, para peserta mengikuti undian hadiah menarik yang dipersembahkan oleh mitra UM. Door prize tersebut antara lain hadiah utama lima sepeda motor, 22 sepeda gunung, TV LED, kulkas, dan ratusan hadiah lainnya. Antusiasme terlihat dari para sivitas akademika UM yang nampak semangat dan penuh harap mendapat door pzice.
“Dies Natalis tahun ini cukup spesial, karena berkaitan dengan perpindahan atau peresmian gedung rektorat yang baru,” ungkap Nandang. Mengingat acara ini diadakan secara rutin, tahun ini tidak ada kendala berarti yang dihadapi oleh panitia. “Dengan bertambahnya usia UM, semoga UM bisa lebih maju, UM bisa lebih dikenal, lebih mandiri, dan bisa memberikan manfaat kepada semua orang,” harap Nandang.Dessy

Bagikan informasi ini: