Ingin Memotivasi Mahasiswa, Mawapres Adakan Roadshow

IMG_3782

Salah satu impian dari mahasiswa adalah mampu mempersembahkan sebuah prestasi yang membanggakan orangtua serta orang-orang di sekitarnya. Tidak terkecuali salah satunya menjadi mahasiswa berprestasi. Mahasiswa Berprestasi (mawapres) merupakan salah satu tujuan yang ingin dicapai mahasiswa. Tidak hanya mengandalkan kepintaran, tetapi juga kemampuan dan kepekaannya terhadap lingkungan sosial. Tentunya juga kreativitas mahasiswa yang nantinya akan berguna untuk kehidupannya serta orang-orang di sekitarnya.
Guna memberikan motivasi dan mendorong mahasiswa yang memiliki impian sama, Ikatan Mahasiswa Berprestasi Universitas Negeri Malang mencetuskan sebuah ide untuk mengadakan Roadshow Mawapres di sela kesibukan kegiatan kuliah mereka. Roadshow ini sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, namun belum banyak mahasiswa UM yang mengetahuinya, sehingga hanya sedikit peserta yang menghadiri kegiatan ini. Pada tahun ini, publikasi kegiatan roadshow mawapres lebih ditingkatkan dari tahun sebelumnya. Roadshow ini dilaksanakan guna mempersiapkan dan memberikan informasi kepada mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam pemilihan mawapres pada tahun 2018.
Ada beberapa hal yang ingin disampaikan kepada peserta dalam kegiatan ini. Hal ini dicurahkan oleh Tsania Nur Diyana, Mawapers 1 UM, bahwa sebenarnya sosialisasi untuk memperkenalkan mawapres dilakukan karena sejak dulu yang dikenal hanya Duta Kampus saja, padahal keduanya memiliki tugas yang hampir sama. Dalam roadshow ini, pemateri menginformasikan persyaratan untuk menjadi mawapres serta langkah-langkah pendaftaran hingga proses pemilihan mawapres.
Kegiatan ini tidak membatasi peserta yang datang. Semua mahasiswa boleh menghadirinya. Setidaknya 26 anggota mahasiswa berprestasi 2017 ambil bagian dalam kegiatan ini, namun hanya beberapa yang aktif dalam keseluruhan kegiatan. Hal ini disebabkan masing-masing mawapres memiliki kegiatan yang cukup padat dalam perkuliahan mereka. “Alhamdulillah, ada beberapa yang commit, dari 26 itu yang bener-bener setiap kali datang itu hanya lima-enam orang gitu, yang paling sedikit di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sekitar tujuh mawapres yang datang, sedangkan yang paling banyak kemarin di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 22 yang datang,” tutur Tsania.
Roadshow Mawapres ini dilaksanakan di delapan fakultas yang ada di UM. Diawali di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) (24/10) dan ditutup di Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPSi). Hingga sekarang peserta terbanyak dalam kegiatan roadshow  dari FIS, namun mawapres yang paling lengkap dalam kegiatan ini ada di FMIPA. Kelancaran acara dan informasi yang tersampaikan menjadi kebahagiaan panitia yang juga mawapres UM 2017. “Alhamdulillah, semuanya minimal sudah melampaui target dari kami,” ungkap mahasiswi anggun ini.
Dalam kegiatan ini, ada pemateri utama dan pemateri lokal yang berasal dari fakultas masing-masing. Pemateri utama yang dimaksud yaitu mawapres utama UM, sedangkan pemateri lokal diisi oleh mawapres fakultas masing-masing. Pemateri utama dalam kegiatan ini harus mampu untuk menghadiri roadshow di delapan fakultas, yaitu FIS, FIP,  FMIPA, FPPSi, Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Sastra (FS), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Ada penanggung jawab untuk masing-masing fakultas yang bertugas mempersiapkan acara roadshow tersebut. Penanggung jawab fakultas tersebut merupakan mawapres dari fakultas yang bersangkutan, sehingga ketika hari pelaksanaan, mawapres yang lain hanya tinggal membantu.
Kesan pertama disampaikan Tsania ketika bertemu mahasiswa yang juga memiliki impian yang sama. Ia merasa lebih semangat untuk mengajak dan memotivasi mereka supaya mereka mampu untuk lebih baik. “Alhamdulillah, dari pihak A3, rektor, dekan, mendukung semua,” ungkapnya.
Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk memotivasi mahasiswa agar berani untuk mengejar mimpinya, salah satunya menjadi mawapres. “Kita beri iming-iming, iming-iming-nya banyak. Keunggulannya sebelum jadi mawapres dan sesudah itu apa kita sampaikan, pengalaman yang didapatkan setelah jadi mawapres itu kita sampaikan,” ungkap Tsania. Ia juga berharap kegiatan ini nantinya dapat berlanjut ke depannya.Rosa

Bagikan informasi ini: