IMG_0599(1)

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang biasa disebut beasiswa LPDP adalah beasiswa yang berasal dari pemerintah Indonesia, tepatnya Kementerian Keuangan. Keberadaan beasiswa ini sangat populer di kalangan para pencari beasiswa. Jumlah beasiswa yang diberikan juga terbilang cukup besar.Berangkat dari hal itu, komunitas mahasiswa penerima beasiswa LPDP di wilayah Jawa Timur kembali membuka acara talkshow pada Sabtu (11-12/11) bertempat di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang (UM).

Pendaftaran yang dilakukan secara online tersebut disambut respons positif dari peserta. Hal ini terbukti dari antusiasme peserta saat pendaftaran hingga kehabisan tiket. Padahal panitia telah menyediakan lebih kurang 800 tiket secara gratis. Tak heran jika tiket pun cepat ludes, karena acara ini diikuti oleh mahasiswa se-Jawa Timur.
“Dari sekarang kita mulai menempa diri kita masing– masing dengan prestasi yang akan kita raih ke depan, sehingga nantinya kita mampu untuk menjadikan Indonesia menjadi negara yang lebih maju,” tutur Rusmawanto, ketua pelaksana, ketika ditanya perihal tujuan pengadaan acara. Hal ini selaras dengan tema yang diambil pada talkshow kali ini, yakni “From Zero to Hero Menuju Indonesia Emas 2045”. “Kita mengambil tema ini untuk pemikiran ke depannya. Jadi suksesi kepemimpinan ke depan di tahun 2045. ketika Indonesia emas. Kita mulai dari sini untuk mempersiapkan dari jenjang–jenjang karena tidak mungkin kita dapatkan secara instan. Diperlukan persiapan,” tambah Rusmawanto.
Dalam acara ini peserta juga diberikan kesempatan untuk bertemu dan bertanya langsung kepada penerima beasiswa LPDP se-Jawa Timur. Talkshow yang dimulai pukul 07.00 ini menghadirkan beberapa narasumber, di antaranya Ali Ghufron Mukti dari Direktur Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Gribig Darojat selaku Kepala Divisi LPDP, Danang Ginanjar selaku Ketua Mata Garuda, Sofwan Effendi selaku Direktur LPDP, Prof. Wani Hadi Utomo dari Universitas Brawijaya, dan Mohammad Nur Arifin selaku Wakil Bupati Trenggalek. Talkshow ini mengangkat beberapa topik, yaitu talkshow from zero to hero menuju Indonesia emas 2045, pelatihan penulisan jurnal oleh Prof. Wani Hadi Utomo, dan Interactive Camp Bumi Perkemahan Bedengan Malang.
Acara dibuka dengan pementasan tari oleh mahasiswa  dari beberapa kampus yang ada di Jawa Timur. Setelah itu, peresmian acara dilakukan oleh Rektor UM, Prof. Dr. H. Ah. Rofiuddin, M.Pd. “Semoga acara ini membawa berkah untuk kita semua,” harap rektor. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP. Pria yang lahir di Madiun ini mengatakan bahwa LPDP merupakan beasiswa paling mewah dari negara.
Pada acara ini juga dilakukan serah terima Surat Kerja (SK) LPDP awardee East Java periode 2017–2018 kepada perwakilan beberapa penerima beasiswa se-Jawa Timur. Salah satunya adalah perwakilan dari UM, yaitu Bayu Adi Laksono. Dalam pelantikan tersebut mereka membacakan janji serta sumpah. Penyerahan SK diserahkan oleh Gribig Darojat, selaku Ketua Divisi LPDP.
Persiapan acara yang bagus tentunya membutuhkan tenaga ekstra. “Kami mengumpulkan panitia selama dua bulan, kemudian ekstranya cuma satu bulanan, tapi dengan komunikasi bersama teman–teman, acara ini bisa terwujud dengan bantuan UM,” ujar Rusmawanto. “Harapan ke depannya, acara tahunan ini bisa dilanjutkan dan yang kurang dari acara ini bisa diperbaiki oleh kepanitiaan yang akan datang,” tambahnya.Dessy