Merry Riana: Dari Mimpi hingga Sukses

IMG_7133

Lembaga Pecinta Bisnis (LPB) adalah anak organisasi dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM FE) Universitas Negeri Malang (UM) yang baru-baru ini kembali mengadakan progam rutin tahunan, yaitu seminar nasional kewirausahaan. Bertemakan “The Big Changes, Membentuk Jiwa Wirausaha yang Berdikari dan Inovatif dalam Persaingan Global”, acara ini dilaksanakan pada Sabtu (18/11) di Gedung Graha Cakrawala UM.

Menyedot animo yang besar, acara ini dihadiri oleh ribuan peserta dari UM maupun luar UM. “Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengubah mindset generasi muda, khususnya mahasiswa, untuk mengikuti perkembangan zaman yang dilihat dari sisi wirausaha dan ditekankan pada era digital,” pungkas Ferdian Prasetyo, ketua pelaksana.
Berbeda dari seminar sebelumnya, kali ini Lembaga Pecinta Bisnis UM mengadakan gebrakan cukup besar dalam hal kuantitas. Tahun sebelumnya panitia hanya menyiapkan kuota untuk lima ratus peserta. Namun, acara seminar nasional kewirausahaan kali ini benar-benar menyedot antusiasme para peserta. Hal ini dibuktikan dengan tiket yang cepat ludes. Padahal panitia sudah menganggarkan tiket sebanyak 2.500. Pertama kalinya bagi panitia LPB-FE mengadakan seminar dengan dihadiri lebih kurang 3.500 orang yang masuk di data. “Kali ini kami melakukan perubahan besar dan kami juga mengundang pemateri yang benar–benar cocok dengan tema kami,” tutur Ferdian
Pemateri yang hadir dalam seminar ini di antaranya adalah Tegar Prajaksa (master coach Dukun Dagang) dan Merry Riana (motivator wanita nomor satu di Asia). Seminar kali ini sangat menarik karena juga mengundang Vito, salah satu komika Malang yang merupakan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). “Untuk mengisi seminar tersebut agar peserta tidak jenuh, kami mengundang salah satu komika untuk menghibur para peserta,” tambah Ferdian.
Pemateri pun selalu menekankan peserta untuk mengedepankan inovasi. “Inovasi dan creativity muncul karena curiousity atau rasa penasaran terhadap sesuatu dan selalu bangunlah curiousity dalam bisnis agar selalu tercipta inovasi,” ujar Tegar Prajaksa, salah satu pemateri. Salah satu pemateri yang menyedot perhatian peserta ialah Merry Riana. Perempuan yang kisahnya pernah difilmkan ini mengungkapkan bahwa syarat untuk meraih kesuksesan yaitu berani bermimpi besar, berani mengambil langkah pertama, melangkah dengan cerdas, melangkah sampai tuntas, dan yang terakhir adalah melangkah dengan ikhlas. Selesai pemaparan materi, panitia melakukan penyerahan sertifikat kepada pemateri dan komika oleh Hamda Afif (Ketua Umum LPB FE) dan Ferdian Prasetyo (ketua pelaksana).
Keterbatasan jumlah panitia dan pengalaman yang masih  minim menjadi kendala panitia. Mereka belajar satu sama lain untuk mengendalikan ribuan peserta. Persiapan seminar tersebut dilakukan selama sembilan bulan untuk mengantisipasi panitia dalam mengadakan acara sebesar itu. Dengan persiapan yang cukup lama, panitia berhasil mengemas acara secara menarik dan tidak membosankan.
Harapan pun berdatangan dari panitia maupun peserta seminar. ”Saya berharap acara tahunan ini tetap bisa dilanjutkan seterusnya dengan lebih baik lagi,” harap Ferdian. “Acaranya menarik dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya saya. Komika yang diundang juga sangat menghibur dan tidak membosankan,” ungkap Ayu salah satu peserta seminar.Dessy

Bagikan informasi ini: