Apresiasi UM terhadap Mahasiswa Berprestasi dan Pembimbing

Sebanyak 206 mahasiswa berbagai fakultas meraih penghargaan dari Kemahasiswaan UM atas prestasi yang didapatkannya dalam kejuaraan, mulai tingkat provinsi sampai tingkat internasional. Tak hanya mahasiswa saja yang mendapat penghargaan, pembimbing dari masing–masing mahasiswa yang memperoleh kejuaraan pun juga diberikan penghargaan. Selasa (06/02), tepatnya di Gedung A3 lantai 2 Universitas Negeri Malang (UM) diadakan acara penyerahan penghargaan bagi mahasiswa dan pembimbing mahasiswa berprestasi. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB ini dihadiri oleh Wakil Dekan III dari masing-masing fakultas, dosen, pembimbing, dan mahasiswa peraih penghargaan.

IMG-20180215-WA0014
Mahasiswa peraih penghargaan berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 18 orang, Fakultas Sastra (FS) 33 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) 18 orang, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 87 orang, Fakultas Teknik (FT) 25 orang, Fakultas Ekonomi (FE) 14 orang, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 7 orang, dan Fakultas Psikologi (FPPsi) 4 orang. Acara tersebut dibuka oleh Ketua Bagian Kemahasiswaan (Kabag) Drs. Taat Setyohadi. “Sebenarnya acara penyerahan penghargaan ini dilakukan pada bulan Desember, namun ada pindahan ke Graha Rektorat jadi bisa terealisasi sekarang,” pungkas Taat Setyohadi.
Pembukaan pendaftaran penerima penghargaan Mahasiswa Berprestasi dibuka mulai awal November 2017. Ada beberapa persyaratan yang harus dilampirkan, di antaranya adalah sertifikat atau piagam kejuaraan yang didapat, foto–foto kegiatan, serta pencantuman situs web penyelenggara. “Dari pihak fakultas tidak ada seleksi, namun dari fakultas menyarankan bagi peraih penghargaan tingkat nasional ke atas untuk mendaftar, karena mulai tahun ini semua penghargaan prestasi diberikan langsung oleh univ (universitas, red.) sehingga fakultas tidak memberi, tidak seperti tahun–tahun yang lalu,” ungkap Muh. Rasnanda Asyari, peraih penghargaan tingkat Internasional juara 1st Runner Up Olympiade.
Penyerahan penghargaan diberikan oleh Wakil Rektor III Dr. Syamsul Hadi, M.Pd, M.Ed. kepada mahasiswa dan pendamping berprestasi secara simbolik. “Untuk mahasiswa baru pada kegiatan tahun 2018 supaya dibimbing agar ilmu yang sudah didapat bisa ditularkan,” pesan Wakil Rektor III yang juga dosen Fakultas Teknik ini kepada mahasiswa berprestasi. Dalam laporan Kabag Kemahasiswaan, mahasiswa yang berprestasi sesuai tingkat kejuaraan, yaitu internasional sebanyak tiga orang, tingkat nasional 63 orang, tingkat provinsi 123 orang, dan tingkat ASEAN tiga orang. Adapun pada bidang olahraga sebanyak 126 orang, bidang seni dua belas orang, dan bidang ilmiah 45 orang.
“Semoga tahun berikutnya mahasiswa dapat meningkatkan kejuaraan dalam tingkat internasional karena total tahun ini masih tiga,” tambah Taat Setyohadi. Kemudian semua penerima diarahkan ke Subbag MPIKA Kemahasiswaan di Graha Rektorat lantai 2 untuk mengambil penghargaan.
“Kami senang bahwa prestasi yang kami capai dengan membawa nama baik kampus  diperhatikan dan diapresiasi oleh kampus apapun bentuk penghargaannya,” tambah Rasnanda.
“Semoga ke depannya Kemahasiswaan lebih mampu memperhatikan mahasiswanya sendiri, kemudian mampu memberikan fasilitas serta sarana prasarana atau mobilitas mahasiswa dan yang lebih penting pengajuan dana yang sering terkendala semoga lebih dipermudah lagi,” harap Nurul Aulia Atmaja peraih kejuaraan karate Pomda tingkat provinsi.Dessy

Bagikan informasi ini: