Pilmapres Jalan Gapai Asa dan Mimpi

Puncak perhelatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) nasional yang mengangkat tema “Sustainable Development Goals” ini akan dilaksanakan pada 5 sampai 19 April 2018. Seperti perhelatan di tahun sebelumnya, Pilmapres terdiri atas kategori sarjana dan diploma dengan pedoman yang sudah ditentukan. Tak heran apabila perguruan tinggi di seluruh Indonesia bergerak cepat dalam memilih hingga membimbing para mahawasiswanya untuk mampu menjadi  nomor satu. Namun bukan hanya menjadi nomor satu saja, melainkan harus mampu berinovasi dalam memberikan kontribusi terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia yang lebih baik.

IMG-20180215-WA0014
Universitas Negeri Malang (UM) menjadi salah satu perguruan tinggi yang ikut serta dalam hiruk pikuk Pilmapres Nasional 2018. Tidak hanya sampai di situ, untuk mengirimkan perwakilannya, UM sudah mewujudkan satu persatu upaya dalam perhelatan ini. Krikil- krikil kecil datang tanpa henti, namun usaha akan terus ditekuni, kalimat penyemangat tersebut memecut mahasiswa UM untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam Pilmapres Nasional 2018.
Upaya dilakukan hingga publikasi berskala luas agar mahasiswa mengetahui mengenai Pilmapres. Publikasi dilakukan sekaligus untuk menambah minat mahasiswa agar ikut berpartisipasi dalam acara bergengsi ini. Upaya lain yang tidak kalah penting, yaitu Roadshow Mawapres. Digalang oleh para Mahasiswa Berprestasi di sela-sela kesibukan kegiatan perkuliahan mereka. Kegiatan yang sudah dilaksanakan beberapa kali ini belum begitu diketahui oleh mahasiswa UM, namun di tahun 2017 roadshow ini mulai ditingkatkan dari segi publikasi hingga mampu menarik minat mahasiswa yang ingin datang. Mulai dari penjelasan mengenai Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, persyaratan, tips and trick, hingga keuntungan nantinya yang akan didapatkan ketika menjadi mahasiswa berprestasi.
Pada wawancara sebelumnya bersama Tsania Nur Diyana, Mawapres 1 UM, Roadshow Mawapres ini bertujuan untuk menyosialisakan mengenai pemilihan Mahasiswa Berprestasi dan memberi motivasi pada mahasiswa yang memiliki mimpi yang sama untuk mampu mengembangkan kemampuannya menjadi lebih baik lagi. Kegiatan ini pun juga dirasakan dampak positifnya oleh banyak fakultas. Tak terkecuali Fakultas Ilmu Sosial (FIS). Sudah ada sekitar empat belas mahasiswa yang terdaftar dari semua jurusan yang ada. Menurut Mulyawati, Staf Subbag Kemahasiswaan FIS, kemampuan berbahasa Inggris sekarang ini tengah dikejar. Ia juga berharap supaya mahasiswa FIS mampu lolos ke tingkat universitas.
Dengan adanya Roadshow Mawapres, pengalaman yang dibagikan oleh Mahasiswa Berprestasi tersebut mampu memotivasi mahasiswa lain dan memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang menjadi peserta roadshow. Hal ini pun dituturkan oleh Syahroni Al Khadzir, mahasiswa Geografi, yang sudah dua kali ini mengikuti ajang Pilmapres. Proses yang sulit dan panjang berhasil ia tempuh hingga sampai di posisi sekarang. “Roadshow Mawapres di FIS itu puncaknya. Sangat motivatif banget ketika semua pemenang mawapres datang untuk melihat kondisi junior-juniornya bahkan saat di luar roadshow saya juga masih diberikan motivasi-motivasi lagi untuk mengejar prestasi agar tidak ketinggalan dengan yang lain.”  Belajar dan belajar serta meningkatkan kemapuan berbahasa Inggris menjadi kegiatan yang saat ini tengah ditekuninya. Dengan adanya Roadshow Mawapres ini mampu memberikan suntikan semangat dan motivasi bagi mahasiswa lain dengan tujuan yang sama, sehingga mahasiswa mampu terdorong untuk mengasah kemampuannya dan menghasilkan suatu karya.Rosa

Bagikan informasi ini: