Warung Kopma, Bukti Kerja Nyata Anggota Kopma

Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang (Kopma UM) merupakan badan usaha beranggotakan mahasiswa UM yang kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi atas azas kekeluargaan. Pada hari Minggu kemarin (21/01), Kopma UM telah me-launching satu usaha lagi, yaitu Warung Kopma. Dalam acara ini, panitia juga mengundang beberapa anak yatim piatu di sekitar kawasan UM untuk berbagi. Hal ini selaras dengan fungsi umum dari koperasi, yaitu menyejahterakan anggota dan masyarakat.

Exif_JPEG_420

Exif_JPEG_420

Acara tersebut juga diisi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Badan Dakwah Masjid (UKM BDM) dengan kegiatan ceramah. Ide pertama dibuatnya warung tersebut baru tercetus dalam kepengurusan sekarang ini. Kepengurusan sekarang ini yang bernama Kabinet Koperasi Muda mengusung jargon muda, beda, karya nyata. Selama ini, karya nyata Kopma tersalurkan dalam usaha minimarket, tempat fotokopi, dan tempat print saja. Saat ini, Kopma UM  sedang mencari anggota yang benar–benar memiliki usaha yang skalanya lebih besar.
Sebelum menemukan ide mengenai Warung Kopma tersebut, awalnya Kopma UM hanya ingin membuka mini outlet. Belum sempat terlaksana, ada anggota yang ingin mengembangkan usaha kulinernya karena sebelumnya dia pernah ada pengalaman bekerja di warung lalapan. Berdasarkan ilmu yang telah diperolehnya, dia menawarkan kepada seluruh pengurus Kopma UM untuk membuka warung dan akhirnya pengurus Kopma UM membuatkan fasilitas tempat untuk mengembangkan usahanya tersebut. ”Jadi ini memang untuk fasilitas anggota Kopma. Dari yang menempati, yang mengelola, yang memasak, dan yang jaga warung semua itu adalah anggota Kopma,” jelas Rani Dwi Sartikasari, Ketua Umum Kopma UM. Pengelola Warung Kopma ini adalah anggota Kopma UM angkatan 2014 yang bekerja secara part time. Part time dipilih karena mereka masih disibukkan oleh kegiatan perkuliahan.
Dari perancangan ide hingga dibukanya warung tersebut memakan waktu lebih kurang tiga bulan sebelum Rapat Anggota Tahunan (RAT) kepengurusan 2017, karena pada RAT-lah pengurus mulai bertemu dengan anggota lain dan membahas tentang konsep awal dan permodalan Warung Kopma.
Warung Kopma melakukan grand opening pertama bersamaan dengan awal masuk perkuliahan (22/01). Dalam grand opening ini, Warung Kopma membuka promo sebanyak tiga ratus porsi makan gratis yang diadakan selama empat hari. Promo ini dilakukan untuk menarik mahasiswa terkait adanya Warung Kopma tersebut.
“Alhamdulillah, dalam promo ini teman–teman mahasiswa sudah banyak yang kenal dengan Warung Kopma dan ini sangat sesuai dengan ekspetasi kita walaupun mungkin (konsumen, red.)masih (berasal dari, red.) daerah yang dekat dengan warung, seperti Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknik. Untuk ke depannya, Kopma akan memanfaatkan anggota yang ada untuk mempromosikan ke teman–temannya,” tambah Ketua Umum Kopma yang berasal dari Fakultas Ekonomi tersebut.
Warung Kopma ini rencananya dibuka setiap hari Senin–Minggu dari pagi hingga pukul 21.00 WIB. Melihat kawasan kampus yang masih ramai oleh mahasiswa yang mengerjakan tugas serta UKM ­­­lain yang sedang melakukan kegiatan, akhirnya anggota Kopma berinisiatif untuk membuka warungnya sampai malam. ”Semoga semua unit usaha yang ada di Kopma tambah ramai, apalagi warung yang dibuka sampai malam tersebut sangat berpengaruh terhadap perdapatan kita,“ harap Rani.Dessy

Bagikan informasi ini: