Pilmapres UM 2018 Bekal Melaju ke Nasional

IMG_0063

Puncak perhelatan Grand Final Pemilihan Mahasiswa Beprestasi (Pilmapres) Universitas Negeri Malang (UM) 2018 yang dilaksanakan pada Rabu (20/03) di Graha Cakrawala merupakan hal yang ditunggu–tunggu oleh civitas academica UM. Acara dihadiri oleh Wakil Rektor III Dr. Syamsul Hadi, M.Pd. M.Ed, jajaran dekan, orang tua Mawapres, civitas academica UM, dan suporter tiap fakultas yang ikut menambah keramaian. Grand Final Pilmapres UM 2018 dibuka dengan Parade Mawapres yang berlenggak-lenggok di atas panggung dengan memakai kostum adat.


Pilmapres UM 2018 diikuti oleh 27 finalis yang terbagi atas 24 mahasiswa progam Sarjana dan 3 mahasiswa progam Diploma. Juara Mawapres tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) diraih oleh Fitrah Izul Falaq, Anton Agus Setiawan, dan Dedek Handayani Nasution. Juara Mawapres Fakultas Teknik (FT) diraih oleh Feri Kurniawan, Desy Purnamasari, dan Sendy Hanggrawan. Juara Mawapres Fakultas Sastra (FS) diraih oleh Mochammad Abdul Hafidz, Akbar Rahmada, dan Elmiatun Nafiah. Juara Mawapres dari Fakultas Ilmu Sosial (FIS) diraih oleh Faris Rosul Arifin, Annisa Fathin Dianah, dan Lilya Windi Pramesti. Juara dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) diraih Fariha Mariroh, Sabira Putri Salsabila, dan Dwi Nashiro Milla Rosya. Dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dijuarai oleh Widya Rohmawati, Rizal Fanany, dan Deni Ainur Rokhim. Dari Fakultas Ekonomi (FE) dijuarai Indra Febrianto, Renica Cristia Ningrum, dan Asa’a Nur Fadhilah. Dari Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) dijuarai oleh Demanda Bimantor, Ameliya Alfirdosi, dan Maizuhra Shafira.
Dari data yang telah disebutkan, juara 1 Mawapres tingkat fakultas serta tiga mahasiswa program Diploma yang berjumlah sebelas finalis memasuki babak presentasi karya ilmiah. “Sebelumnya mereka sudah diberikan pembekalan, di antaranya mengenai potensi, akademik, attitude, dan mental,” pungkas Dr. Heny Kusdianti, S.Pd., M.M., Ketua Pelaksana Mawapres UM 2018. Presentasi karya ilmiah Mawapres dinilai oleh tiga juri, yaitu Febrita Pulina Heynoek, S.Pd., M.Pd., Nabhan Fuad Choiron, S.S., M.A., dan Dr. Heny Kusdianti, S.Pd., M.M. Setelah mempresentasikan karyanya, kesebelas finalis dikerucutkan menjadi enam finalis yang terbagi atas tiga mahasiswa program Sarjana dan tiga mahasiswa progam Diploma untuk masuk ke babak question. Satu per satu mahasiswa maju untuk menjawab pertanyaan yang telah disampaikan oleh juri. Pada akhir acara, juara mawapres utama UM 2018 diumumkan. Dari progam Sarjana, juara 1 diraih oleh Indra Febrianto (FE), juara 2 Feri Kurniawan (FT), dan juara 3 Fitrah Izul Falaq (FIP), sedangkan progam Diploma juara 1 diraih oleh Yusuf Mahendra (FT), juara 2 Widia Ayu Wulandari (FE), dan juara 3 Abhsita Fikri (FT).
Nantinya, Mawapres yang akan melaju mewakili UM ke Pilmapres Nasional adalah Indra Febrianto dan Yusuf Mahendra. Tidak berhenti di situ, Mawapres UM 2018 kategori berbakat diraih oleh Dedek Handayani (FIP) dan kategori terfavorit diraih oleh Sendy Hanggrawan (FT). Dalam kategori favorit, pemenang dilihat berdasarkan jumlah like terbanyak di Instagram dan keaktifannya saat proses pembekalan. “Pengalaman untuk menjadi Mahasiswa Berprestasi akan menjadi modal yang kuat untuk menyongsong masa depan. Mulai tahun 2017, Mawapres UM tidak saja dinilai, tetapi juga dibekali berbagai softkills untuk mempersiapkan diri dengan baik di tingkat nasional,” pungkas Syamsul Hadi.Dessy

Bagikan informasi ini: