UM Gencarkan Publikasi Melalui Website

IMG_7034Selasa (20/03), Universitas Negeri Malang mengadakan pelatihan website yang diikuti oleh perwakilan anggota tiap Organisasi Mahasiswa (ormawa). Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengaktifkan website bersama. Dalam pelatihan ini, mereka juga diajarkan mengenai ilmu kejurnalistikan yang mencakup penulisan berita.


Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor No. 17.4/UN32/KP/2016, mahasiswa yang tulisan atau fotonya dimuat di media massa cetak akan mendapatkan kontribusi sebesar Rp100.000 per satu tulisan atau foto. Dengan adanya ketentuan tersebut, UM berharap dapat memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan daya tariknya terhadap dunia jurnalistik. Tak melulu mengangkat berita tentang UM, tulisan atau foto mahasiswa yang berhasil dimuat di media massa boleh berita dari luar UM. UM akan menghargai karya tersebut.
Saat ini, UM sedang gencar-gencarnya melakukan publikasi. Mengapa harus publikasi? Sebentar lagi, UM akan memasuki  Program Pengenalan Kehidupan bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). Untuk menghadapi mahasiswa baru yang akan datang ke kampus, pempublikasian akan mempermudah mereka untuk mengetahui segala sesuatu tentang UM, termasuk ormawa. Dengan aktif memberikan informasi, jangkauan UM juga akan semakin luas.
UM juga berkiprah aktif dalam media sosial. UM memberi kesempatan mahasiswa untuk ikut andil dalam memberikan foto seputar UM via instagram. Foto tersebut akan dikelola kembali oleh tim Humas UM dengan menyertakan logo standar sebelum  diunggah ke media sosial.
Dalam pelatihan website tersebut, mahasiswa ormawa juga dijelaskan mengenai penggunaan WordPress. Aplikasi ini sangat populer di dunia. Namun wordpress juga termasuk salah satu aplikasi yang sering dibobol. Peserta pelatihan juga diberi kesempatan untuk praktik langsung yang dipandu oleh pemateri.
Pelatihan tersebut meliputi cara mengatur website agar bisa terbaca oleh publik. Mahasiswa dilatih mengatur latest post dan static pages supaya pembaca website dapat mengetahui informasi-informasi baru. Dengan menggunakan static pages, kita dapat mengatur sendiri unggahan yang akan ditampilkan di awal dan yang akan ditampilkan di akhir.
“Saya berharap semua yang saya ajarkan tadi dapat diterima dan bermanfaat untuk teman-teman, karena saat ini merupakan era digital. Informasi dapat diakses di mana saja. Salah satu cara untuk mengakses informasi bisa dilakukan melalui website. Sebisa mungkin teman-teman di ormawa memaksimalkan apa yang ada di ormawa. Masing-masing bisa diinformasikan secara baik dan kreatif melalui website, karena saat ini juga sudah ada suatu layanan untuk ormawa seperti ketersediaan hosting, server, dan jaringan internet di UM. Hal ini bisa dimaksimalkan oleh teman-teman ormawa,” ujar Eka Nur, salah satu pemateri website.Cintya

Bagikan informasi ini: