Ajak Mahasiswa Siapkan Masa Depan, FPPsi Gelar Dialog Alumni

Mahasiswa merupakan agent of change yang kelak diharapkan dapat memberikan perubahan bagi kehidupan bermasyarakat. Namun, mahasiswa juga dituntut untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai tantangan yang ada di dunia luar ketika lulus kuliah. Pasalnya, tidak semua mahasiswa mengetahui tujuan yang akan dilakukan setelah lulus. Hal tersebut menjadi salah satu dasar bagi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas  Pendidikan Psikologi (BEM FPPsi) Universitas Negeri Malang (UM) untuk menggelar dialog alumni yang telah diadakan setiap tahunnya ini. Program kerja ini telah dilakukan beberapa kali, dimulai saat Psikologi masih menjadi satu kesatuan dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Program kerja ini tetap dilangsungkan meskipun kini psikologi telah berdiri sendiri menjadi sebuah fakultas.

kedua alumni konsentrasi bidang psikologi pendidikan memberikan materiAcara yang digelar pada 5 Mei 2018 di Aula FPPsi ini bertajuk “Let’s Build Our Future Now“. Diharapkan dengan adanya tema tersebut, mahasiswa, khususnya mahasiswa psikologi, dapat  mengetahui dan membuka mata lebar-lebar mengenai hal-hal yang harus dilakukan saat ini sebagai bekal ketika lulus kuliah. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan mahasiswa psikologi dari tiap-tiap offering.
Dialog alumni ini dibagi menjadi beberapa sesi yang telah disesuaikan dengan konsentrasi bidang keilmuan  masing-masing. Konsentrasi tersebut, yaitu psikologi pendidikan, psikologi klinis, psikologi industri, psikologi perkembangan, dan psikologi organisasi. Peserta paling banyak dalam dialog ini adalah mahasiswa psikologi angkatan 2017 dan 2016. “Acara ini berguna untuk saling sharing dengan kakak-kakak yang lebih berpengalaman, terlebih lagi saya masih maba (mahasiswa baru, red.),“ tutur Aprilia Dita, salah satu peserta.
Selama dialog berlangsung, para pemateri yang merupakan alumni FPPsi dari bidang keilmuan masing-masing memaparkan pengalaman-pengalamannya selama kuliah dan setelah lulus kuliah. Para alumni ada yang telah bekerja sebagai dosen, psikologi klinis, dan juga HRD (bidang industri). Mereka menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang harus dihadapi, seperti pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat dan bidang keahlian masing-masing, serta kesiapan menghadapi sulitnya mencari pekerjaan.
Salah satu alumni mengatakan bahwa  ketidaksesuaian pekerjaan dengan bidang keilmuan yang  dipelajari menjadi hal yang wajar dan harus tetap dinikmati. Akan tetapi, sebagai seorang mahasiswa harus terus belajar dan mencoba hal-hal baru untuk mendapatkan pengalaman. Selain mengajak untuk mulai memikirkan masa depan, hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa FPPsi saat ini adalah mempersiapkan akreditasi fakultas agar lebih baik ke depannya. “Akreditasi juga merupakan hal penting yang nantinya akan diperhitungkan oleh beberapa perusahaan,” ujar alumni lainnya yang kini menjadi salah satu dosen FPPsi. “Dialog alumni ini bukan hanya  menjadi suatu ajang sharing antara mahasiswa psikologi dengan para alumni, namun juga menjadi salah satu langkah untuk mempererat relasi,” ujar Safira Diah, Ketua BEM FPPsi.Fanisha

Bagikan informasi ini:

Leave a Comment