Bentuk Pembina Muda Profesional, Pramuka UM Adakan KMD

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Negeri Malang (UM) menjadi penyelenggara Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD). Acara tersebut diselenggarakan di SMPN 1 Pakisaji selama lima hari (10-14/7). Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh mahasiswa, tetapi juga diikuti oleh golongan guru di tingkat Pramuka Pandega.

Berlatih semaphore

Berlatih semaphore

Kegiatan yang diadakan atas kerja sama dengan Kwartir Cabang Kabupaten Malang ini, secara keseluruhan dihadiri oleh 68 peserta. Tujuan dari kegiatan ini tentunya untuk membentuk jiwa-jiwa pembina yang profesional dan siap terjun di tingkat Gugusdepan (Gudep). Beberapa materi yang disampaikan diantaranya yakni teori membina, materi pramuka penggalang, serta kegiatan seperti outbound, jelajah, dan api unggun.

Malam api unggun

Malam api unggun

“Acara KMD ini seru dan wawasan saya jadi bertambah karena tidak hanya diajarkan mengenai materi tetapi juga diajarkan tentang moral,” ujar Farhan, salah satu peserta dari Surabaya.

Dengan mengikuti acara tersebut, seorang pembina akan memiliki legalitas yang resmi sebagai seorang pembina dengan memiliki Surat Hak Bina (SHB). Selain itu, mereka bisa melanjutkan tahap ke jenjang pembina mahir atau Kursus Mahir Lanjut (KML) yang bertujuan menjadikan mereka pembina yang berkualitas dan memiliki spesialisasi jenjang membina.

“Harapan saya dengan adanya kegiatan ini mampu menumbuhkan jiwa-jiwa pembina yang profesional kedepannya,” tutur Army, panitia UKM Pramuka.

Dewi Ayu Sakdiyyah

Bagikan informasi ini: