‘Kawah Wurung: Wisata Eksotis Anti Kantong Tipis’

Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur tampaknya menyimpan surga kecil nan indah di wilayahnya. Salah satu tempat wisata yang kini sedang naik daun di kota tape tersebut ialah Kawah Wurung, yang terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, tepatnya setelah objek wisata Kawah Ijen. Secara administratif, Kawah Wurung berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso.

Pengunjung di pos tiket

Pengunjung di pos tiket

Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati pemandangan bukit hijau seperti di Negeri Teletubbies dengan hamparan padang rumput yang hijau. Padang rumput tersebut dapat berubah menjadi padang savana ketika musim kemarau panjang. Selain itu, tempat ini juga memiliki lembah dengan sebuah cerukan yang berbentuk seperti kaldera gunung.

Akses menuju lokasinya pun cukup mudah. Saat turun dari Kawah Ijen, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan ke arah Bondowoso dengan motor atau mobil. Selanjutnya, tinggal mengikuti petunjuk arah yang disediakan.

IMG-20180711-WA0008

Sepanjang perjalanan, wisatawan bisa menikmati kebun kopi dan pemandangan khas pemukiman di perkebunan. Tak hanya itu, wisatawan juga dimanjakan dengan pemandangan indah seperti taman bunga dan hutan-hutan pinus bak film Hollywood.

Bila ingin liburan dengan harga tiket wisata yang tak menguras kantong, Kawah Wurung bisa jadi destinasi wisata yang tepat. Wisata ini memiliki pesona yang sungguh memikat. Terutama, karena banyak spot swafoto yang menarik bagi wisatawan.

Foto salah satu pengunjung

Foto salah satu pengunjung

Tiket masuk Kawah Wurung untuk wisatawan Nusantara (wisnus) dan wisatawan Mancanegara (wisman) hanya Rp5.000,00 per orang. Murah sekali, bukan? Perbedaan tarif hanya dikenakan pada tarif parkir kendaraan, yakni Rp2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp.5.000,00 untuk mobil. Sesuai kantong untuk travelling murah.
“Untuk tiket masuk sama, meski hari libur atau bukan hari libur,” ujar Badai Tri Adma Negara, Koordinator Wisata Kawah Wurung.

Bukit Cincin

Bukit Cincin

Sebelum sampai di Bukit Kawah Wurung, wisatawan akan melewati tangga yang disebut “Tangga Cinta”. Ujung dari tanjakan, terdapat sebuah puncak bukit melingkar seperti kubangan besar yang disebut “Bukit Cincin”. Di area wisata pun terdapat gazebo yang dikelilingi pemandangan yang indah untuk berfoto dan beristirahat. Terdapat pula area bermain atau outbond. Saking menariknya, tempat wisata ini sering dijadikan spot foto dan sewa kuda untuk pre-wedding dengan tarif Rp150.000,00.

“Pemandangannya bagus, jadi cocok untuk pre-wedding dan berfoto ria tanpa harus bayar mahal,” ujar Ari Wibowo, salah satu pengunjung asal Jember.
Jangan lupa siapkan kamera jika #Komunikan berkunjung ke Kawah Wurung, karena banyak spot eksotis nan romantis yang sayang untuk dilewatkan.

Karina Okta Bella

Bagikan informasi ini: