Membangun Asa Prestasi Melalui UKM baru

Sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baru di Universitas Negeri Malang (UM), tak lantas membuat mereka patah semangat untuk berprestasi. Keempat UKM yang baru saja diresmikan tersebut gencar mengikuti lomba pada bidangnya masing-masing. UKM Catur misalnya, sejak tahun 2017 telah memperoleh beberapa penghargaan, di antaranya Juara 2 Beregu, Juara 1 Individu, dan Juara 3 Best Player. Lomba ini diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya (UB) pada akhir tahun lalu (4/11/2017). Pada awal tahun, mereka juga berhasil memperoleh Juara 2 Petra Chess (27/4) dan Juara 2 Perorangan di Universitas Surabaya (6/5).IMG-20180403-WA0014

Menurut Adi, salah satu Mahasiswa UM yang mengikuti UKM Catur,  latihan diadakan dengan cara bertanding melawan club-club yang ada di sekitar Malang. Setelah menemukan kelemahan masing-masing pemain, mereka diberikan teori dan permainan pada grand master.
Selain catur, ada UKM Badminton yang juga tak kalah berprestasi. UKM ini telah memenangkan beberapa perlombaan sejak akhir tahun lalu (9/4/2017) yang diadakan di Universitas Triabuana Tunggadewi Cup. Tim dari UM pulang dengan membawa beberapa kemenangan, di antaranya Juara 1 Ganda Campuran, Juara 2 Ganda Campuran, Juara 3 Ganda Campuran, Juara 2 Ganda Putra, Juara 3 Ganda Putra, Juara 1 Tunggal Putra, dan Juara 2 Tunggal Mahasiswa. Emdi Ramadhana Putra, Ketua UKM Badminton, menambahkan, ada  kejuaraan lain yang telah diperoleh UKM Badminton pada ajang kejuaraan di Universitas Ma Chung (4/2018) dan Kejuaraan Liga Mahasiswa Nasional (5/2018).
UKM Marching Band pun melakukan hal yang sama. Mereka mengikuti perlombaan dengan kategori yang berbeda-beda. Menurut Doni Akviansyah, UKM Marching Band belum mengikuti perlombaan untuk tahun 2018 ini. Prestasi terakhir diperoleh tahun 2017, yaitu Juara 2 Individual Contest Brass DMOFI, Juara 3 Individual Contest Color Guard Female DMOFI, Juara 3 Contest Color Guard Male DMOFI, Juara Harapan 1 Contest Color Guard DMOFI, Juara 3 Brass Ensemble DMOFI, Juara 3 Duet Color Guard BOMC, dan Juara 3 Female Individual Color Guard Contest.
Lain halnya dengan UKM Gempita. UKM ini lebih dekat dengan hal-hal yang berhubungan dengan persoalan sosial. Menurut Nafisa Nurani Aulia, salah satu anggota UKM tersebut, belum ada program kerja khusus untuk sasaran luar. Program terdekat yang akan mereka laksanakan ialah melakukan pendampingan bagi mahasiswa baru difabel yang telah didata saat registrasi Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2018.Maul

Bagikan informasi ini: