Raid Baret Gabungan Tumbuhkan Jiwa Korsa Anggota Menwa

Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan 805 mengadakan kegiatan Raid Baret Gabungan Se-Korwil II Malang Menwa angkatan LXXI pada Jumat-Minggu (11-13/5). Kegiatan ini dilaksanakan di Sumberawan, Kabupaten Malang. Kegiatan dengan tema “People with good mental are the one who will reach their dreams. There is no one who will help someone who has bad mental” ini dibuka di Universitas Gajayana Malang (Uniga).

IMG-20180522-WA0007 Akan tetapi, Menwa Satuan 805 UM melaksanakan upacara pemberangkatan dari UM. Kegiatan inti dilaksanakan di Sumberawan, Kabupaten Malang, dan penutupan dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Widyagama Husada Malang.
Menwa merupakan salah satu UKM yang berfokus pada bidang pertahanan dan keamanan dengan pelatihan ilmu militer. Berdasarkan penuturan dari Fathur Rahman selaku Komandan Satuan Tugas, kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dan mengantarkan mahasiswa dalam membantu pimpinan perguruan tinggi demi terlaksananya pembinaan kesadaran bela negara dan tridarma perguruan tinggi, menumbuhkan jiwa Korsa dan semangat juang anggota Menwa seluruh Koordinasi wilayah II Menwa Malang, serta memantapkan materi yang didapat dari pendidikan dan latihan dasar menwa angkatan LXXI 2018.
Perguruan tinggi yang mengikuti kegiatan ini antara lain Menwa Satuan 805 UM, Menwa Satuan 803 Universitas Brawijaya (UB), Menwa Satuan 812 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Menwa Satuan 872 Uniga, Menwa dari Stikes Widyagama, dan Universitas Yudharta Pasuruan. Selain mahasiswa yang tergabung dalam Menwa, kegiatan ini juga dihadiri oleh pejabat tinggi dari beberapa perguruan tinggi tersebut, di antaranya Wakil Rektor III dan staf kemahasiswaan Uniga, dan staf kemahasiswaan STIKES Widyagama Husada. Turut hadir pula Kepala Staf Menwa Mahasurya Jawa Timur, Kepala Koordinasi Wilayah 2 Malang, Komandan Satuan Menwa Korwil 2 se-Malang Raya, staf Korwil 2 Malang, dan para senior peserta didik dari masing-masing satuan.
Raid baret gabungan ini  merupakan kegiatan yang pertama kalinya dilakukan. Pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan per satuan universitas. “Tahun ini kita melakukannya se-Malang Raya atau gabung dengan Menwa yang ada di universitas lain,” tutur Rahma Marta Dewi, salah satu anggota Menwa. Raid Baret ini menjadi salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh anggota baru Menwa. Setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, para anggota baru Menwa yang tergabung dalam Raid Baret gabungan tersebut disematkan baret tanda kesempurnaan dan kebanggaan sebagai anggota Menwa.Rosa

Bagikan informasi ini: