Siap Terjun ke Sekolah, Ribuan Mahasiswa UM Dibekali LP3

Sebanyak 4.151 mahasiswa semester gasal dari 8 fakultas mengikuti pembekalan KPL I di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang (UM) pada Selasa (10/8). Menariknya, tahun ini program KPL tidak hanya diikuti dari program studi (prodi) kependidikan saja, namun juga terdapat 503 mahasiswa prodi non-Kependidikan dari Fakultas Ekonomi.

KPL merupakan wadah bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi dalam bentuk praktik. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Program Pengalaman Lapangan, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (P4L LP3).

WhatsApp Image 2018-07-10 at 1.46.54 PM

Pembekalan KPL I ini dilakukan selama dua hari mulai hari ini hingga esok (11/7). Kegiatan pembekalan hari ini dibagi menjadi tiga sesi, dan dua sesi untuk esok harinya. Materi yang diberikan ialah tentang persiapan dan mekanisme melaksanakan KPL I.

Pada KPL I ini, mahasiswa harus mendatangi sekolah yang telah ditentukan untuk mengidentifikasi kelas, kompetensi inti (KI), dan kompetensi dasar (KD) yang nantinya akan diajarkan pada KPL I. “Harapannya setelah dilatih di kampus, mahasiswa bisa langsung melaksanakan KPL-nya dengan baik,” ujar Dr. Endang Sri A., M.Si., Ketua P4L LP3.

 

Salah satu peserta pembekalan KPL I, Fauziah, menuturkan bahwa kegiatan pembekalan ini sangat penting untuk kesiapan peserta KPL di lapangan. KPL I dilaksanakan di 185 sekolah pada Senin-Rabu (23-25/7) mendatang.

Flaurencia Irene

Bagikan informasi ini:

One Comment

  1. mantap niihh… update terus dong minn