Surga Tersembunyi Pantai Jembatan Tanjung Sirap dan Pulau Hanoman

Pembangunan sektor pariwisata merupakan salah satu program andalan pemerintah Kabupaten Malang yang memiliki prospek dan peranan penting dalam meningkatkan lapangan pekerjaan dan menambah devisa, salah satunya dengan mengembangkan pariwisata pantai. Pariwisata pantai yang ada di Kabupaten Malang sangat banyak dan mayoritas masih alami. Ada lebih dari delapan belas titik pantai yang ada di Kabupaten Malang. Pantai yang ada di Kabupaten Malang berada di Kecamatan Donomulyo, Bantur, Gedangan, Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo, dan Ampelgading. Salah satunya adalah Pantai Jembatan Tanjung Sirap yang berada di Kecamatan Bantur dengan dua jam perjalanan dari Kota Malang.

IMG20180311111802
Pantai Jembatan Tanjung Sirap. Mungkin nama tersebut masih terdengar asing bagi para penikmat pantai, maklum saja karena pantai yang satu ini masih jarang diekspos oleh media masa dan belum banyak orang yang berwisata ke sana. Meskipun belum banyak orang yang datang ke sana, bukan berarti pantai ini memiliki keindahan yang biasa-biasa saja. Pantai Jembatan Tanjung Sirap ini berbeda dengan kebanyakan pantai di Malang. Pasir pantai di sini hanya sedikit dan terdapat banyak batu karang. Di bibir pantai terdapat sebuah batu karang yang cukup besar dan luas, ketika air laut sedang pasang, batu karang akan menyemburkan air laut yang disebabkan oleh ombak yang menabrak batu karang. Indah, bukan? Pantai ini memiliki ombak besar, jadi wisatawan tidak diperbolehkan berenang atau bermain air.
Pantai tersebut menjadi lebih menarik karena terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Hanoman. Pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang baru saja dibangun, melewati jembatan dengan pemandangan laut yang sangat jernih hingga terlihat beberapa batu karang yang masih alami,.Sesampai di Pulau Hanoman, wisatawan akan disuguhkan pemandangan laut dari atas pulau yang sangat asri karena banyak pohon dengan suasana yang sejuk. Konon pulau ini dihuni banyak kera tetapi kera tersebut tidak menampakkan diri jadi tidak berbahaya bagi wisatawan.
Di Pulau Hanoman terdapat beberapa gazebo atau tempat beristirahat yang diperuntukkan wisatawan ketika lelah berkeliling pulau untuk sakadar beristirahat atau menikmati bekal makanan. Pulau ini memiliki spot foto yang luar biasa indahnya dengan hamparan laut yang luas, beberapa batu karang juga menjadi spot foto andalan tetapi harus hati-hati karena batu karangnya tajam. Dengan wisatawan yang masih sedikit, kebersihan di Pulau Hanoman maupun Pantai Jembatan Tanjung Sirap masih sangat terjaga.
Beberapa akses menuju pantai ini melewati jalur Pantai Kondang Merak atau Pantai Balekambang. Jika melewati jalur Pantai Kondang Merak, akses lumayan sulit karena jalan yang belum beraspal  masih penuh bebatuan dan hutan-hutan dengan semak belukar yang menantang, namun sangat menyenangkan bagi penyuka tantangan. Selama perjalanan, kami akan melewati beberapa pantai, yaitu Pantai Dali Putih dan Pantai Besi, setelah itu akan ada jalan setapak yang menuntun wisatawan menuju pantai, jalannya masih berlumpur diharapkan wisatawan menggunakan kendaraan yang aman. Jika berada di jalur Pantai Balekambang akan lebih mudah, karena kebetulan pantai ini bersebelahan dengan Pantai Balekambang. Dengan berjalan sekitar 10 menit dan melewati hutan-hutan tempat wisata Sumur Pitu wisatawan akan sampai di Pantai Jembatan Panjang Tanjung Sirap, disarankan wisatawan tidak menggunakan high heels karena jalannya yang naik turun. Mengenai fasilitas dengan tiket masuk hanya Rp5000,00 yang tergolong ramah bagi kantong mahasiswa, disarankan wisatawan membawa bekal makanan, obat-obatan, dan apapun yang sekiranya diperlukan karena di sekitar pantai masih sangat sedikit penjual makanan maupun keperluan lainnya. Mungkin karena pantai ini tergolong pantai yang masih sangat alami dan jarang terjamah karena aksesnya yang lumayan susah. Terdapat beberapa warung yang menyediakan makanan disertai tempat salat dan kamar mandi, tetapi tidak setiap hari warung tersebut buka dan melayani pengunjung, tetapi untuk keamanan terdapat tukang parkir yang bertugas menjaga kendaraan wisatawan.
Bermain di pantai layaknya bermain di playground yang menakjubkan, bisa berlari-lari, memanjat tebing bebatuan, dan belajar menikmati alam dengan segala keindahannya. Berwisata ke pantai sangat cocok untuk melepas penat para mahasiswa maupun pekerja, dengan melihat hamparan laut dan langit yang biru akan mengurangi tingkat stres berlebih. Jika ada yang berkata “Wah, Malang ternyata ada banyak pantai yang indah ya, saya pikir enak karena tempatnya yang dingin aja”. Jangan salah karena tipologi alam Malang sangat bervariasi, ada yang dataran tinggi dan ada yang dataran rendah. Wahana wisatanya pun sangat beragam mulai dari kebun buah, kebun sayur, air terjun, pantai, yang memicu adrenalin wisatawan. Momen yang sangat tidak terlupakan ketika menikmati indahnya Pantai Jembatan Tanjung Sirap beserta Pulau Hanoman, akan lebih baik jika wisatawan tetap menjaga alam dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menjadi masyarakat Indonesia yang berkontribusi aktif dalam menjaga kebersihan alam. Letakkan segala sesuatu pada tempat dan waktu yang tepat, layaknya sampah yang harus dibuang di tempat sampah bukan di alam bebas. Pecinta pantai membuang sampah sembarangan itu nggak keren!Amey

Bagikan informasi ini:

Leave a Comment