Prestasi Spektakuler di MTQ-MR Jatim

Prestasi spektakuler kembali ditorehkan kafilah Universitas Negeri Malang (UM) pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa tingkat Regional (MTQ-MR). Kafilah UM dinobatkan sebagai juara umum MTQ-MR Jawa Timur (Jatim) V Tahun 2018. Artinya, kafilah UM telah menjadi juara umum MTQ-MR Jatim selama tiga tahun terakhir (2014, 2016, dan 2018). Di ajang MTQ Mahasiswa Nasional, UM telah menjadi juara umum berturut-turut sejak 2013. Sungguh membanggakan. Di balik tagline “The Learning University “, UM juga dapat menorehkan prestasi gemilang di bidang Qurani.

IMG-20180820-WA0015

MTQ-MR Jatim V yang diselenggarakan pada (11-13/8) ini diikuti oleh 789 peserta dari 74 kampus dari berbagai penjuru Jawa Timur. Dari tiga belas cabang lomba, kafilah UM meraih sembilan emas dan dua perak, yakni Juara 1 Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Putra , Juara 1 Musabaqah Tartil Qur’an (MTrQ) Putra, Juara 1 Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al-Quran Bahasa Inggris (MDBI), dan Juara 1 Musabaqah Qira’at Sab’ah (MQS) Putra dan Putri. Selain itu, kafilah UM juga menyabet Juara 1 Musabaqah Syarhil Quran (MSQ), Juara 1 Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) 5 Juz Putra, Juara 1 Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Quran (MKTIQ), dan Juara 1 Musabaqah Desain Aplikasi Al-Quran (MDAQ). Kemudian, Juara 2 Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al-Quran Bahasa Arab (MDBA), Juara 2 Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) 20 Juz Putra, Finalis Kaligrafi Putra dan Putri, serta Semifinal Fahmil Quran. Para juara ini nantinya akan mewakili provinsi bertanding di MTQ Mahasiswa tingkat Nasional (MTQ-MN) 2019.

MTQ-MR dibuka oleh Rektor Universitas Jember, Drs. Mohammad Hasan, M.Sc., Ph.D. MTQ-MR Jatim V Tahun 2018 dilaksanakan dalam rangka pemanasan menuju MTQ-MN XVI yang insya Allah akan diselenggarakan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) tahun 2019 mendatang. Selain perhelatan lomba, di ajang MTQ-MR Jatim V Tahun 2018 ini juga diselengggarakan Sarasehan wakil rektor bidang kemahasiswaan yang bekerjasama dengan DPW ADPISI Jatim yang bertempat di Gedung Rektorat dr. Raden Achmad Djoedoleksono, UNEJ. Pada kesempatan itu juga tercapai kesepakatan bahwa MTQ-MR Jatim VI Tahun 2020 akan diselenggarakan di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Surabaya. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I., selaku Dosen Sastra Arab UM mengatakan semoga MTQ-MR Jatim dapat menjadi wadah silaturrahmi antar para pejuang dan penggiat kalam Ilahi di kampus. “Semoga MTQ-MR Jatim mampu menjadi media dakwah Alquran dengan mengusung semangat persatuan umat (ukhuwah Islamiyah, red.) dan semoga MTQ-MR mampu menumbuhkan spirit untuk menggelorakan ikhtiar membumikan nilai-nilai Alquran.” tutur Yusuf Hanafi.

Karina Okta Bella

Bagikan informasi ini: