UM Gelar Sidang Terbuka pada Wisuda Ke-93

Universitas Negeri Malang (UM) gelar wisuda ke-93 di Graha Cakrawala UM pada Minggu (29/07). Sebanyak 1.179 mahasiswa diwisuda. Jumlah tersebut terdiri atas 4 orang program doktor kependidikan, 280 orang program magister kependidikan, 9 orang program magister nonkependidikan, 688 orang program sarjana kependidikan, 177 orang program sarjana nonkependidikan dan 21 orang program diploma III nonkependidikan. Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. menyampaikan bahwa dengan bertambahnya lulusan pada wisuda kali ini, UM telah berhasil meluluskan 123.380 orang dari berbagai bidang, baik kependidikan maupun nonkependidikan. “Jumlah lulusan kali ini yang mencapai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) lebih besar dari 2,75 pada program diploma dan sarjana sebanyak 885 orang atau 100%,” jelas Profesor Budi yang disambut dengan tepuk tangan para hadirin.

IMG-20180801-WA0009

Selain prosesi wisuda, juga dilakukan penobatan kepada para peraih prestasi bidang akademik maupun nonakademik tingkat universitas. Prestasi akademik ini didasarkan pada lulusan dengan IPK tertinggi dan ketepatan waktu selama studi, sedangkan prestasi nonakademik didasarkan pada kemampuan nonakademik yang telah ditorehkan oleh mahasiswa yang bersangkutan. Para peraih prestasi akademik tersebut antara lain: pada program Vokasi D3 atas nama Dias Satrio Jatmiko, A.Md., dengan IPK 3,54 dan lama studi 6 semester, Program Studi Teknik Mesin. Selanjutnya untuk program sarjana atas nama Nanik Dwi Rahayu, S.Pd., dengan IPK 3,93 dan lama studi 8 semester untuk Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Program magister atas nama Moh Umar, M.Pd., dengan IPK 3,95 dan lama studi 21 bulan, Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekolah. Sedangkan untuk program doktor atas nama Dr. I Putu Artayasa IPK 3,97 dan lama studi 45 bulan, Program Studi Doktor Pendidikan Biologi Pascasarjana.

Kemudian untuk peraih prestasi nonakademik atas nama Tismen Yoga Pradana, S.Pd., lama studi 8 semester, Program Studi Pendidikan Fisika. Saat ini Dia sudah mempunyai dua buku yang telah memiliki ISBN dengan judul CLBK (Cerita Lika Liku Babak Kampus), dan Hidup Mahasiswa?!. Buku-bukunya berisi aspek-aspek saat menjadi mahasiswa. Sasaran pembacanya adalah calon mahasiswa atau pelajar. Ia juga pernah mengikuti beberapa Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) di tingkat Nasional pada tahun 2015-2017, sebagai finalis di Universitas Negeri Yogjakarta, juara 1 pada 2016 di Universitas Kanjuruhan Malang, dan finalis di Universitas Pendidikan Ganesha.

Dewi Ayu Sakdiyyah

Bagikan informasi ini: