Perluas Peluang Menyabet Emas di Pimnas

IMG_8611

Monitoring dan Evaluasi (monev) eksternal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dimulai. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Diikuti oleh 144 tim dari 14 Perguruan Tinggi, Universitas Negeri Malang (UM) ditunjuk sebagai host pada monev eksternal kali ini. Perguruan tinggi selain UM yang mengikuti kegiatan ini antara lain Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Institut Teknik Negeri (ITN) Malang, Politeknik Negeri Malang (Polinema), Universitas Gajayana, Universitas Tribuana Tungga Dewi, IKIP Budi Utomo, Universitas Yudharta Pasuruan, Universitas Wisnuwardhana, Akademi Farmasi Putera Indonesia Malang, STIKES Widyagama Husada Malang, Universitas Islam Raden Rahmad Kabupaten Malang, STKIP PGRI Blitar, dan Universitas NU Blitar.


Monev dilaksanakan selama tiga hari (18-20/07) dengan empat pemonev yang berasal dari empat perguruan tinggi, yaitu Prima Vidya Asteria, S.Pd, M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya, Drs. Andang Subaharianto, M.Hum. dari Univesitas Negeri Jember, Dr. Hayatul Cholsy, S.S., M.Hum. dari Universitas Gajah Mada (UGM), dan Nurtanio Agus Purwanto, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tahun ini UM mengalami perkembangan  pada jumlah proposal PKM yang didanai. Sebanyak 84 proposal PKM dari tim UM akan dipresentasikan dalam monev kali ini.
UM memiliki peluang yang lebih besar apabila dilihat dari jumlah proposal yang didanai. Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd., M.M. selaku Ketua Tim Penalaran Mahasiswa UM mengungkapkan bahwa dengan banyaknya proposal yang terkumpul diharapkan UM mampu meloloskan 21 tim ke PIMNAS yang akan diadakan di UNY tahun ini. Pada PIMNAS sebelumnya yang diselenggarakan di Makassar, UM mengirimkan 14 tim.
Hal tersebut tidak lepas dari persiapan yang dilaksanakan oleh mahasiswa maupun pihak UM. “Kami bergerak dari dua sisi. Yang pertama dari universitas dan sisi yang kedua dari tingkat fakultas. Kami mengadakan pelatihan seperti penyusunan laporan, pembuatan poster, dan presentasi poster yang baik. Selanjutnya kami melaksanakan dua kali monev internal untuk mengetahui perkembangan masing-masing tim,” tutur Heny. Pembinaan dan publikasi dilaksanakan lebih awal daripada tahun sebelumnya untuk mencapai target mengirim 21 tim UM ke PIMNAS.
Pameran poster turut memeriahkan monev eksternal kali ini. Dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UM, Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed. poster-poster tersebut terpajang rapi di aula D2 GKB FIP. Poster yang dipajang merupakan hasil penelitian yang meliputi teknologi, pengabdian masyarakat maupun penemuan baru. Mahasiswa UM, mahasiswa dari kampus lain maupun peserta monev menyempatkan diri untuk melihat poster yang dipamerkan. Tak lupa, antar peserta saling memberikan dukungan satu sama lain. Melihat pameran poster ini menjadi salah satu pengisi waktu ketika menunggu urutan presentasi. Rosa

Bagikan informasi ini: