Telusuri Jejak di Pulau Surga Wisata

DSC01490Tujuan wisata terpopuler di Indonesia yang terkenal hingga mancanegara  salah satunya adalah Pulau Bali, tentunya hal inilah yang menjadikan Pulau Bali sebagai ikon pariwisata Indonesia. Bagi para wisatawan ,Pulau Bali adalah surga wisata yang tiada duanya. Bali memiliki resort  terbaik di dunia berpadu dengan pantai-pantai yang sangat terkenal keindahannya dengan segala aktivitas dan gemerlap kehidupan malam yang meriah serta pesona alamnya yang tiada tara.


Berbicara mengenai wisata pantai, Pulau Bali memiliki banyak pantai dengan keindahan yang berbeda-beda tetapi dengan ciri khas yang sama, yaitu surfing dan sunset. Beberapa pilihan pantai jika wisawatan menginginkan suasana tenang dengan pemandangan sunset di atas bukit yang menawan, wisatawan dapat berkunjung ke Pantai Balangan. Pantai Balangan bisa dibilang sebagai surga tersembunyi karena keindahan dan kealamian panorama lautnya sangat memukau serta aksesnya jauh dari keramaian kota. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan keindahan pantai lainnya, seperti Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Jimbaran, ataupun Pantai Nusa Dua. Berlatar belakang deretan pohon kelapa yang berjejer rapi, pasir pantainya yang bersih namun cukup kasar, dan dikelilingi bukit-bukit. Jika wisatawan menginjakkan kaki di Pantai Balangan yang berpasir putih ini, pasir putihnya tidak akan menempel di kaki. Ombak di sini cukup tinggi dan memanjang, sehingga menjadi tempat yang ideal untuk pecinta olah raga surfing. Selain bersantai, bermain pasir dan berenang, para wisatawan singgah di sini untuk berjemur dan menyaksikan keindahan sunset di atas bukit. Bahkan karena keindahan yang disuguhkan, view di pantai ini bisa juga dijadikan tempat foto prewedding.
Sebagai objek wisata, Pantai Balangan sudah memiliki fasilitas toilet, warung makan dan minuman, kafe, kursi panjang, payung pantai, dan tempat parkir yang memadai. Di sini juga terdapat beberapa penginapan yang menawarkan nuansa alam yang tenang dan jauh dari keramaian kota. Akses menuju Pantai Balangan ini cukup mudah karena berdekatan dengan Pantai Dreamland, dari bandara hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Kemudahan akses memang membuat tempat ini banyak didatangi oleh para wisatawan. Pilihan pantai lainnya adalah Pantai Double Six yang terletak sekitar dua kilometer dari Pantai Kuta untuk menikmati senja di Bali. Pantai ini tidak terlalu ramai dibandingkan Pantai Kuta yang tersohor bagi para wisatawan. Senja dapat dinikmati langsung dari pantai maupun di bawah payung-payung milik kafe  yang berjajar di pinggir pantai. Pantai Double Six berada di daerah Legian dengan akses yang sangat mudah ditempuh, ini sangat cocok bagi wisatawan yang enggan bepergian jauh untuk menikmati sunset.
Wisata alam lain di Pulau Bali yang jarang diketahui adalah Air Terjun Tegenungan. Air terjun yang berada di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali ini memiliki ketinggian 15 meter. Tidak terlalu tinggi, namun pemandangan yang disajikan air terjun ini sanggup menarik perhatian para wisatawan. Suasana sejuk dan menenangkan akan wisatawan dapatkan ketika berwisata ke Air Terjun Tegenungan Gianyar. Air yang mengalir dari atas seolah membawa pergi semua penat dan stres setelah bekerja seminggu.  Di sekitar lokasi air terjun, pemandangan dengan pepohonan yang menghijau menjadi daya tarik utama selain guyuran air terjun yang menghujam ke bawah. Wisata alam berupa air terjun ini banyak menarik minat wisatawan untuk berkunjung, bukan hanya wisatawan domestik yang datang, wisatawan asing pun turut bersuka cita berlibur di Air Terjun Tegenungan. Dengan harga tiket Rp 10.000 wisatawan dapat menikmati air terjun beserta keindahan alam lainnya, terdapat sumber mata air beserta aliran sungai dan pura yang masih digunakan untuk beribadah.
Selain terkenal dengan wisata alamnya, Pulau Bali juga terkenal dengan wisata Budaya seperti seni musik, seni tari, dan ritual upacara adat Bali. Hal ini semakin menambah kekayaan pariwisata di Bali dan semakin mengukuhkan Bali sebagai salah satu daerah tujuan pariwisata Internasional. Setelah puas menikmati wisata alam, Pulau Bali juga memiliki wisata budaya, salah satunya yaitu Desa Adat Penglipuran. Desa ini terletak sejauh 45 km dari Denpasar, tepatnya berada di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali. Desa Penglipuran merupakan salah satu desa adat yang telah berkembang menjadi desa wisata yang sangat ramai dikunjungi para wisatawan, lokal maupun mancanegara. Bahkan pada awal penetapan desa ini sebagai desa wisata, wisatawan asinglah yang sering memadati desa. Desa Penglipuran berasal dari akronim kata pengeling dan pura yang berarti mengingat tempat suci. Untuk tata ruang desa, setiap rumah memiliki sebuah pintu gerbang yang disebut angkul-angkul. Semua rumah di desa ini seragam tapi tak sama, sementara untuk ukuran, memang sama persis. Desa yang berada di ketinggian 700 mdpl ini tercatat memiliki 985 jiwa dalam 234 keluarga pada catatan sensus. Mereka tersebar di 76 pekarangan yang terbagi rata di setiap sisinya dari total 112 hektare. Bagi wisatawan yang sudah bosan dengan hingar bingar keramaian kota di Pulau Bali, wisata tersebut sangat cocok untuk dikunjungi, happy travelling! Amey

DSC01291

Bagikan informasi ini: