Mantap! 30 Perwakilan Mahasiswa Baru UM Ikuti Sosialisasi PMW

Universitas Negeri Malang (UM) melalui Subag Kemahasiswaan kembali mengadakan Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) bagi mahasiswa baru (maba) UM angkatan 2018 pada Kamis (20/9). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Sasana Krida UM ini diikuti oleh 200 perwakilan maba yang berasal dari setiap fakultas. Drs. Taat Setyohadi, Kasubag Kemahasiswaan dalam sambutannya memberikan selamat kepada maba yang terpilih untuk mengikuti sosialisasi ini. Taat menambahkan, para maba juga akan mendapat testimoni dan motivasi dari para mahasiswa senior dan dosen pendamping dari masing-masing fakultas yang telah telah lebih dulu bergelut di dunia wirausaha.

PMW sendiri merupakan bagian dari strategi pendidikan kewirausahaan di UM untuk menfasilitasi para mahasiswa yang mempunyai minat berwirausaha serta ingin memulai usaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Fasilitas yang diberikan dalam program PMW ini meliputi pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, penyusunan rencana bisnis, dukungan permodalan, dan pendampingan, serta keberlanjutan usaha.

IMG-20180922-WA0034

“Pada tahun 2017, PMW direvitalisasi menjadi Program Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dengan pengelolaan secara sentraliasi. Program ini digagas untuk memberikan wadah bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu dan keterampilan berwirausaha yang sudah didapat, melalui pemberian modal bisnis dari Kemenristekdikti dan pendampingan usaha dari perguruan tinggi,” ujar Yuli Agustina,S.E., M.M., Pendamping PMW dari Fakultas Ekonomi. Di sisi lain, Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn., Pendamping PMW dari Fakultas Sastra memberikan motivasi agar jangan merasa takut bersaing di dunia wirausaha. Ia berpesan agar persaingan itu menjadi tantangan untuk menjadi wirausahawan sukses. Kegiatan PMW ini juga mendapatkan sambutan baik dari peserta. “Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menambah wawasan mahasiswa tentang cara berwirausaha dan mengembangkan usaha untuk menjadi pengusaha sukses,” ujar Risma Nur Ridha, peserta dari Fakultas llmu Sosial.

Karina Okta Bella

Bagikan informasi ini: