Servis Gratis, Bengkel Rotari UM Bentuk Pengabdian Masyarakat

Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, Bengkel Rotari Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Mesin Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan servis gratis pada (10-11/11) di Garasi Kendaraan Jl. Cakrawala Universitas Negeri Malang. Servis gratis yang diberikan merupakan servis ringan untuk segala macam merek sepeda motor manual dan matic keluaran tahun 2000 ke atas.

“Servis yang bisa dilakukan hanya terbatas pada servis ringan. Servis ringan tersebut meliputi ganti oli, cek karburator, dan tune up. Untuk ketentuan tahun sepeda motor yang di servis, keluaran 2000 ke atas, karena jika mesinnya tahun 2000 ke bawah penanganannya akan lebih sulit lagi,” Tutur Riyanto, Ketua Pelaksana Servis Gratis Rotari UM.

Selain sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat, tujuan diadakan servis gratis adalah untuk pengaplikasian ilmu-ilmu yang didapat dari organisasi Bengkel Rotari UM. Servis gratis ini tidak hanya untuk mahasiswa UM, tetapi juga masyarakat umum. Alur pelayanan servis gratis yakni calon customer mendaftar di meja registrasi. Saat registrasi, keluhan customer disampaikan. Selanjutnya, keluhan akan dikonfirmasikan kepada para mekanik mengenai kesanggupan dan kejelasan penanganan. Bila mekanik sanggup, maka customer tinggal menunggu antrean untuk sepeda motor diperbaiki. Jika tidak, customer diarahkan ke tempat lain. Setelah motor selesai di servis, customer mengisi angket kepuasan sebelum meninggalkan lokasi.

Untuk menghindari lama mengantre, datang lebih awal akan menjadi pilihan terbaik. Uniknya, dalam pelayanan servis gratis ini, juga terdapat hiburan-hiburan seperti musik untuk menghindari kebosanan ketika menunggu. “Pelayanan servis Rotari UM bagus sekali dan petugasnya ramah,” tutur Dewi Ayu, salah satu customer.

Karina Okta Bella

Bagikan informasi ini: