Bintang Herlangga Nurcahyo, Harumkan Nama UM di Kancah Internasional

Baru-baru ini, mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berhasil membawa pulang medali kejuaraan internasional. Ialah Bintang Herlangga Nurcahyo, mahasiwa Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) peraih juara 3 di kelas karate male individual kumite -55kg dan juara 3 di kelas male karate kumite team dalam ajang 19th ASEAN University Games (AUG). Kegiatan tersebut diselenggarakan di Nay Pyi Taw, Myanmar pada (7-20/12).

Jumlah keseluruhan atlet Indonesia yang ikut berlaga di AUG sejumlah 175 atlet dari 12 cabang olahraga. Menjadi peserta AUG bukanlah hal yang mudah. Sebelum mengikuti AUG, peserta harus mendapatkan juara 1 di Pekan Olahraga Daerah (Pomda) dan Pekan Olahraga Nasional (Pomnas) untuk bisa mengikuti AUG.

Diwawancarai via telepon, Bintang menyampaikan rasa senangnya karena berhasil mengharumkan Bangsa Indonesia, khususnya kampus tercinta UM dengan meraih medali perunggu dalam kejuaraan Karate. “Ada cerita menarik dari pengalaman saya sebelum berlaga karena pada ajang ini hanya saya satu-satunya mahasiswa UM yang berangkat ke AUG. Sebenarnya ada beberapa teman dari cabang olahraga lain dari UM yang juga lolos menjadi juara di POMNAS Makasar, akan tetapi beberapa teman memilih untuk tidak mengikuti AUG agar bisa lulus kuliah tepat waktu. Berbeda dengan saya yang malah lebih memilih AUG, karena jika sudah lulus maka status mahasiswanya sudah tidak aktif dan tidak bisa mengikuti AUG di Myanmar. Selain karena memang karate adalah hobi saya, saya juga bercita-cita tinggi dari awal masuk UM supaya bisa membuktikan bahwa UM juga bisa bersaing dengan kampus yang lain dalam bidang prestasi olahraga,” ujarnya.

“Orang tua saya sendiri selalu support¬†dengan apa yang saya lakukan untuk bisa berprestasi setinggi mungkin. Selain itu, pihak kampus sudah turut banyak membantu meningkatkan prestasi atlet-atlet di UM khususnya fakultas saya sendiri yaitu FIK. Saya dan teman bisa berlatih di kampus dengan menggunakan fasilitas yang sudah tersedia. Harapan bagi diri saya sendiri semoga kedepannya bisa lebih baik lagi dari sebelumnya dan tentunya bisa segera menyelesaikan studi saya agar bisa lulus pada waktu yang tepat. Harapan saya untuk kampus ini kedepannya ada penerus mahasiswa UM yang bisa berjuang di ajang AUG dan ajang bidang prestasi lainnya dari tingkat Regional sampai Internasional,” pungkasnya.

Pewarta : Dewi Ayu Sakdiyyah

Bagikan informasi ini: