Ikuti Joint Research, 20 Mahasiswa UM Dikirim ke UPM

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM), Program Magister Akuntansi dan Program Magister Manajemen ikuti kegiatan “Joint Halal Research Inbound Mobility Program”. Kegiatan tersebut merupakan bentuk kerja sama antara UM dengan Universiti Putra Malaysia (UPM) yang telah dirancang sejak satu tahun lalu. Kegiatan yang melibatkan 20 mahasiswa ini dilaksanakan pada (10-24/12) di Selangor Malaysia. Sebelum berangkat, para mahasiswa tersebut melakukan penelitian pada UMKM yang ada di Jawa Timur, yakni daerah Malang, Batu, Blitar, Pasuruan, dan Mojokerto. Selama di Malaysia, para mahasiswa mengikuti jadwal yang dibuat oleh tim UPM. Mereka juga dilatih tentang teknik analisis data penelitian kualitatif menggunakan software Nvivo. Produk akhir yang dihasilkan mahasiswa adalah artikel hasil penelitian.

Ditemui beberapa waktu lalu, Dr. Cipto Wardoyo selaku Dekan Fakultas Ekonomi (FE) UM menuturkan, bahwa di sana seluruh peserta, baik dari UM maupun UPM akan mendapatkan jadwal tertentu untuk melaksanakan Symposium, yakni mempresentasikan hasil penelitiannya masing-masing. Untuk peserta dari UM, Symposium ini akan dilaksanakan pada Kamis (20/12) dengan didampingi dosen pembimbing. Dengan adanya symposium ini peserta dapat melihat bagaimana halal food yang ada di Malaysia dan di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menargetkan terwujudnya lima artikel ilmiah yang akan dipublikasikan dalam prosiding, baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris.
“Ini merupakan loncatan yang luar biasa sekaligus awal yang baik dan harus ditindak lanjuti ditahun berikutnya,” tuturnya di akhir wawancara.

Dewi Ayu Sakdiyyah

Bagikan informasi ini: