Angkat Ranupani, Robby Raih Best of The Best PLN Video Competition

Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Negeri Malang (UM), Robby Ainu Fikry harumkan kampus UM dengan menyabet juara 1 kategori umum sekaligus penghargaan Best Of The Best pada (28/01). Kepiawaiannya dalam menggarap film dokumenter dengan mengulas berlatar tempat Desa Ranupani menghantarkan pemuda ini memperoleh penghargaan di PLN Video Competition pada acara awarding di Museum Listrik Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Karya yang berjudul “Langkah Tegas Ranupani” ini mengulas kemajuan Desa Ranupani sejak hadirnya listrik dan jalan yang divisualisasikan secara inspiratif dalam film dokumenternya. “Semua saya garap sendiri dari mulai pengambilan gambar sampai proses editing dengan waktu hanya seminggu,” ujar pria yang juga menyisipkan unsur budaya dalam filmnya ini.

Robby berhasil mengalahkan 776 karya pesaing dari seluruh penjuru tanah air. Ajang kompetisi yang diselenggarakan PLN ini tentunya salah satu wadah kreativitas anak-anak muda Indonesia. Seleksi tahap awal dipilih 127 karya. Selanjutnya, juri memilah 127 karya menjadi 10 pemenang dengan 5 kategori umum dan 5 kategori pelajar. Juri penilai dalam kompetisi ini pun bukan sembarang orang, yakni sutradara sekaligus produser film ternama Indonesia, Mohammad Rivai Riza yang lebih dikenal Riri Riza.

Dengan capaiannya saat ini, tidak membuat Robby berpuas diri, tetapi akan terus belajar menyuguhkan karya yang lebih inspiratif. Ia juga berpesan kepada generasi muda untuk menghilangkan rasa malas dan takut dalam berkarya. “Percayai dirimu, yakini kemampuanmu, dan maksimalkan keterbatasanmu,” jelasnya.

Pewarta: Karina Okta Bella

Bagikan informasi ini: