Gerakan Empati Galang Dana untuk Madiun

Banjir bandang yang menerjang Madiun beberapa pekan lalu telah menarik rasa empati masyarakat, tidak terkecuali dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang (BEM UM). Hal ini yang menggerakkan BEM UM untuk mengadakan aksi galang dana dan pengumpulan bantuan pada (10-12/3) di beberapa tempat. Tempat pertama yakni Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan Ijen pada Minggu pagi (10/3). Dilanjutkan pada (12/3) di dalam kampus UM dengan mengajak masyarakat kampus menyisihkan sedikit rezeki mereka demi membantu meringankan beban korban banjir. Aksi ini juga diadakan sore harinya di perempatan Jalan Veteran dengan mengajak kepekaan jiwa sosial masyarakat umum.

Antusias pengurus BEM UM 2019 yang berkuliah di kampus 3, Blitar juga tak mau ketinggalan. Mereka ikut unjuk aksi sosial dengan galang dana di sekitar kampus 3 UM pada (11-12/3). Seperti yang dikatakan oleh Faris Rosul Arifin, “Kita ini sebagai mahasiswa yang tidak hanya mengejar-ngejar deadline tugas, juga harus memiliki jiwa sosial dan humanisme yang nyata dengan peka terhadap musibah-musibah yang perlu dibantu di luar sana. Kepekaan inilah yang harus ditunjukkan dengan aksi turun ke lapangan untuk galang dana dan mengumpulkan bantuan dalam bentuk lain seperti pakaian, bahan makanan, dll.,“ pantik Ketua BEM UM 2019 ini.

Agenda pertama pada hari kedua aksi yaitu menggalang dana di lingkungan UM. Kardus-kardus disebarkan di beberapa titik yang strategis. Beberapa fakultas seperti FMIPA, FS, FE, dan FIP menjadi sasaran aksi galang dana. Selain itu, tempat-tempat umum seperti masjid dan Perpustakan UM juga menjadi tempat aksi yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari itu. Beberapa dari pengurus BEM UM 2019 menyebar di beberapa titik tersebut untuk mengawal kegiatan dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Kegiatan berlanjut pada sore hari sampai pukul 17.30 WIB di perempatan Jalan Veteran yang ramai dilalui kendaraan.

Dalam aksi kepedulian kepada korban bencana banjir bandang di Madiun ini terkumpul beberapa pundi rupiah dan bantuan dalam bentuk lain. Pada galang dana hari pertama terkumpul sebanyak Rp732.000,00 dan hari kedua sebanyak Rp2.288.000,00. Tidak kurang dari hasil kampus pusat, total dana yang terkumpul dari aksi di Kampus 3 UM sejumlah Rp2.491.000,00. Bantuan dalam bentuk lain, seperti baju terkumpul sebanyak 20 kardus. Diharapkan, beberapa bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi korban banjir di Madiun. “Terima kasih untuk teman-teman mahasiswa UM atas donasinya dalam bentuk uang maupun pakaian, insyaallah kami dari BEM UM akan menyalurkan bantuannya secara langsung ke Madiun pada hari Jumat lusa,” pungkas Rangga Bahtia Mas, dari Kementerian Sosial dan Politik BEM UM 2019.

Pewarta: Hasna

Bagikan informasi ini: