Senandung Dakwah di Sasana Krida

UKM BDM Al-Hikmah bersama Nawak Hijrah berkolaborasi menyelenggarakan agenda spesial hijrah bertajuk “Melodi Hijrah: Perjalanan Hijrah dalam Menggapai Ridha Allah SWT” pada (19/02). Acara yang dikemas dalam bentuk kajian akbar ini berlangsung
di Aula Sasana Krida UM. Acara ini menjadi momen bincang santai tentang Islam dan berbagi kisah-kisah motivasi mengenai pengalaman hijrah para tokoh inspiratif.

Acara dimulai dengan pertandingan sepak bola persahabatan oleh beberapa pemain official Arema melawan BDM AL-Hikmah dan Cah Hijrah yang berlangsung di Lapangan Cakrawala UM. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Pembina BDM Al-Hikmah, Ustaz Munjin Nasih dan Wakil Rektor 3 Universitas Negeri Malang, Dr. Mu’arifin, M.Pd.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini sebab kebermanfaatannya untuk umat sangatlah besar. Khususnya di lingkungan civitas akademika UM. Acara ini juga dapat membantu menumbuhkan jiwa religi yaitu selalu berbuat menuju kebaikan,” tutur Dr. Mu’arifin, M.Pd.
Serangkaian acara selanjutnya berupa talkshow oleh beberapa ustaz yang dulunya memang memiliki latar belakang kecintaan amat dalam kepada seni, khususnya dunia permusikan. Ustaz-ustaz tersebut yakni Ustaz Derry Sulaiman, Ustaz Aditya Abdurrahman, Ustaz Abdullah Murtadho, dan Ustaz Yoppy Al-Ghifari. Selain itu juga ada tamu spesial dari alumni BDM Al-Hikmah, Ustaz Rujian Khairi dan Cah Hijrah Semarang.
Puncak acara adalah penyampaian tausiyah dari Ustaz Derry Sulaiman yang menyampaikan perihal pentingnya berhijrah di masa kini.

Pemuda-pemuda masa kini haruslah mampu mengarahkan aktivitas-aktivitasnya menuju arah kebaikan. Masing-masing individu memiliki jalan yang berbeda-beda ketika berupaya dalam mendekatkan diri kepada Allah, namun yang terpenting adalah setiap muslim harus selalu berdakwah menyampaikan kebenaran islam. Ustaz Derry juga membawakan sejumlah lantunan lagu dakwah seperti “Orang Kaya Mati, Orang Miskin Mati” yang disenandungkan bersama seluruh jamaah.
“Dakwah bukanlah profesi, tapi apapun profesi kita, kita wajib untuk berdakwah,” tuturnya.

Ketua Umum BDM Al-Hikmah, Akhina Chandra Aknuranda Wibowo juga menyampaikan tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menyampaikan Islam kepada civitas akademika UM secara khusus dan masyarakat umum secara lebih luas. Maka diharapkan adanya acara ini akan semakin menyadarkan umat muslim UM untuk lebih mengenal agama mereka juga turut ambil bagian dalam mendakwahkannya.
“Tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menyiarkan Islam dan merekatkan ukhuwah Islamiyah antar seluruh jamaah. Harapannya, Islam dapat diterima seluruh kalangan dan juga masyarakat muslim UM lebih memiliki kesadaran untuk mulai belajar Islam serta mendakwahkannya,” imbuhnya.

Penulis: Iqlima

Bagikan informasi ini: