Mahasiswa FT Ciptakan Alternatif Menekan Kecelakaan Lalu Lintas

 

Banyaknya angka kecelakaan di Indonesia membuat Mahfudi Sahly Subandi dan Fahrina Rifda Salsabila membuat sebuah aplikasi bernama Autosity (Automatic Signal Security) sebagai solusi untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Keduanya merealisasikan ide tersebut dalam ajang lomba esai nasional Bidikmisi on March (Bioma) 2019 yang berlangsung pada (30/3) di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Berkat buah pikiran tersebut mereka sukses meraih juara 2 pada kompetisi tersebut. Acara yang mengambil tema “Menciptakan milieu generasi milenial aktif kreatif dalam menghadapi evolusi 4.0” ini diikuti oleh beberapa kampus ternama, seperti Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, dan Institut Pertanian Bogor.

 

Lomba ini dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama babak penyisihan dan tahap kedua babak final yang merupakan sesi memperebutkan juara. Mahfudi menyebutkan dalam lomba ini mereka mengajukan esai dengan judul Autosity (Automatic Signal Security) yang membahas tentang penyelesaian problema kecelakaan yang diakibatkan oleh tabrakan dan penyelesaiannya, dengan sebuah konsep kendaraan yang aman dan nyaman.
“Harapannya, ke depan semoga adik-adik saya, khususnya di jurusan Teknik Mesin dan semua mahasiswa di Universitas Negeri Malang (UM) dapat lebih aktif lagi dalam menyalurkan jiwa-jiwa kepenulisannya guna mewujudkan Indonesia yang mampu menghadapi era revolusi industri 4.0,” tuturnya.

Pewarta: Dewi Ayu Sakdiyyah

Bagikan informasi ini: