Sebanyak 233 mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) dari berbagai fakultas telah berhasil memperoleh penghargaan dari Kemahasiswaan UM atas prestasi yang didapatkan dalam berbagai kompetisi, mulai tingkat regional nasional hingga internasional. Tidak hanya mahasiswa, sebanyak 42 dosen pembimbing dari mahasiswa berprestasi juga diberikan peghargaan. Selasa (19/02), tepatnya di Gedung A3 lantai 2 UM telah diadakan acara penyerahan penghargaan bagi mahasiswa dan dosen pembimbing mahasiswa berprestasi tahun 2017-2018. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III UM, Wakil Dekan III dari masing-masing fakultas, dosen pembimbing, serta mahasiswa yang memperoleh penghargaan.


”Sebenarnya acara penyerahan penghargaan mahasiswa berprestasi beserta dosen pembimbing ini seharusnya dilaksanakan pada bulan Desember 2018, namun karena masih ada beberapa mahasiswa yang masih belum melengkapi administrasi maka penyerahan penghargaan ini baru bisa terealisasi di bulan Februari,” jelas Drs. Taat Setyohadi selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan. “Pemberian penghargaan ini merupakan periode Juli sampai Desember 2018 dan nantinya periode Januari-Juni akan ada pemberian penghargaan lagi yang insyaallah akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019,” tambahnya. Prestasi yang telah diraih meliputi bidang penalaran, olahraga, kesenian, dan kerohanian dengan total hadiah yang diberikan kepada mahasiswa sekitar Rp350 juta dan dosen pembimbing sekitar Rp60 juta.


Bidang Kemahasiswaan merupakan salah satu komponen penentu pemeringkatan perguruan tinggi. Saat ini UM berada di klaster 1 pada pemeringkatan Kemenristekdikti yang terdiri dari 14 perguruan tinggi. Ada lima komponen penentu, yaitu publikasi dengan bobot 30 persen, sumber daya manusia yang terdiri dari guru besar maupun doktor dengan bobot 28 persen, kemahasiswaan dengan bobot 12 persen, inovasi dengan bobot 5 persen, dan tata kolom adalah sisa dari persentase semuanya. “Untuk publikasi UM telah menduduki peringkat 18 nasional dan kemahasiswaan berada pada peringkat 12 besar nasional. Jadi kalian harus tahu bahwa dunia kemahasiswaan telah menyumbang sebanyak 12 persen penentu pemeringkatan, sehingga UM bisa menduduki klaster 1 nasional,” jelas Dr. Mu’arifin, M.Pd. selaku Wakil Rektor III UM. ”Bidang kemahasiswaan juga akan menfasilitasi semua event yang ada, dengan harapan peringkat UM dapat naik ke peringkat 13 nasional,” tambahnya. Setelah menerima penghargaan secara simbolis, mahasiswa berprestasi diarahkan langsung menuju ke Subbag MPIK Kemahasiswaan di Graha Rektorat lantai 2 untuk mengambil penghargaan yang berupa uang.Dessy