Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) unit Universitas Negeri Malang (UM) genap berusia 39 tahun pada tahun 2019. Tahun ini Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) ini menyelenggarakan kegiatan dies natalis dengan tema Java Wonderful Land pada (23/01). Acara ini berlangsung sukses meskipun cuaca di Malang mendung, bahkan sempat hujan lebat. Antusias penonton juga sangat tinggi, terbukti meskipun hujan lebat banyak masih banyak penonton berdatangan. Bahkan tidak hanya dari kalangan UM saja, tetapi juga banyak penonton dari luar UM maupun dari luar Malang. Keluarga besar KSR se-Jawa Timur turut hadir memeriahkan puncak dies natalis.
Dies natalis ini merupakan salah satu progam kerja (proker) awal tahun KSR UM yang sudah diagendakan pada bulan Januari. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini panitia pelaksana mengadakan kegiatan lomba antar-UKM. “Tahun ini ada beberapa lomba yang diadakan, seperti lomba lari estafet, lomba voli buta, dan lomba lari ikat,” jelas Dila, ketua pelaksana dies natalis. Selain kegiatan tersebut, juga dilakukan kegiatan tasyakuran.
Dalam kegiatan ini hampir semua anggota KSR terlibat. Dies natalis ini tergolong unik karena pengisi acara menonjolkan budaya Jawa untuk ditampilkan. “Jadi seperti yang nyanyi, aransemennya pakai musik Jawa. Memang ingin menonjolkan budaya Jawa juga sih, biar beda dari yang lain,” tutur Dila. Meskipun KSR adalah organisasi yang bergerak dalam bidang kesehatan dan kepalangmerahan, tetapi masih peduli terhadap budaya Jawa.
Java Wonderful Land ini merupakan salah satu ungkapan atau harapan yang ingin disampaikan melalui dies natalis tahun 2019. “Yang kita lakukan tidak hanya dalam bidang kepalangmerahan dan kesehatan, tetapi semua yang kita lakukan atas dasar kemanusiaan,” jelas Zurais, Ketua Umum KSR UM 2019. Bagi anggota KSR UM, berhubungan dengan kemanusiaan sangat penting, yang paling utama adalah dilakukan dengan sukarela dan ikhlas.
Dies natalis ini merupakan awal proker yang sukses dilaksanakan di tahun 2019. ”Saya berharap tahun ini proker-proker lain juga semakin sukses terlaksana dan sesama anggota selalu kompak untuk menyukseskan program lain bersama dengan UKM lainnya,” jelas Dila. Selain itu, Ketua Umum KSR, Zurais juga berharap bahwa KSR PMI Unit UM dapat lebih maju dan mampu membawa nama baik UM. Terlebih KSR UM merupakan UKM kepalangmerahan pertama yang ada di Indonesia. KSR PMI Unit UM, jaya! Jaya! Jaya!.Safira