Ciptakan Aplikasi Kemaritiman, Peduli Nasib Nelayan

Nama : Septiana Indriani Kusumaningrum

TTL : Pati, 06 September 1999

Pengahragaan yang pernah diraih

Juara 2 Debat Bahasa Indonesia Tingkat Kabupaten Pati (2015)

Juara 3 Lomba MTQ SMA/SMK PUTRI Tingkat Kabupaten Pati (2015)

Juara 1 Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara (2016)

Juara 3 Um Festival Music (2018)

Finalis Mahapropesi Literation Contest Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Pendidikan Indonesia. (2018)

Juara 3 PKM 5 Bidang (2018)

Juara 2 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ES-COOTER Universitas Negeri Semarang (2018)

Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Trunujoyo Economic Event (2018)

Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Jember Social and Political Days (2018)

Mahasiswa Berprestasi Utama Diploma Universitas Negeri Malang (2019)

“Jangan resah, biarlah berjalan mengikuti alurnya, Jangan takut, agar ketakutanmu tidak menguasamu, Jangan berhenti, Karena dengan berhenti kamu tidak bisa mencapai apa yang seharusnya kanu capai, Terus belajar, karena dengan belajar kita akan tau, Terus berdoa dan pasrahkan, Karena doa yang begitu menenangkan.”

-Septiana Indriani .k-

Seorang Mahasiswa berpestasi selalu mempunya ide-ie yang luar biasa untuk menyalurkan berbagai ilmu yang telah dipelajarinya, Indri merupakan salah satu mahasiswa berprestasi yang mempunya ide-ide yang luar biasa dalam mengembangkan perekonomian Indonesia melalui kemaritiman. Dia ingn mengubah perkonomian Indonesia dengan hal hal kecil yang mampu ia lakkan untuk masyakaat Indonesia, melalui ide-idenya yang cemerlang, hal ini mampu mengantarkan dia ke jenjang Mahasiswa Berprstasi UM. Ingin tahu kisahnya lebih lanjut? Yuk simak obrolan salah satu reporter kami dengan Mawapres ini           

Dalam Bidang apa penulisan Karya Ilmiah yang anda buat untuk mengkuti kejuaraan dalam Mahasiswa berprestasi ?

Saya menulis karya ilmiah saya di bidang kemaritiman, sebenarnya saya berasal dari bidang akuntasi, namun saya tertarik untuk menuis di bidang kemaritiman. Saya membawa kemaritiman ini mengenai UMKM masyarakat dikemaritiman. Misalnya seperti : UMKm yang mengolah satu produk dari perikanan dalam bentuk makanan maupun jamu yang berasal dari kemaritiman atau hasil hasil laut, para nelayan dan pelaku UMKM Kemaritiman lainnya.

Mengapa anda Memilih UMKM Kemaritiman?

Karena UMKM disini memiliki impact yang besar dalam perkembangan Indonesia. Kemaritiman ini sbenarnya memiliki sumberdaya alam yang sangat luar biasa, namun dalam pemanfaatannya itu masih sedikit. Jadi saya mengangkat kemaritiman itu salah satunya juga untuk menyadarkan para pemuda agar mereka tau dan memahami bahwa kemaritiman memilik efek yang luar biasa untuk kemajuan Indonesia. Dan untuk membantu meningkatkan tujuan SDG’s ke 8 yaitu ‘Decent Work and Economic Growth’

Apa yang anda up kan dalam UMKM Kemaritiman?

Mobile-app dan juga website untuk para pelaku UMKM Kemaritiman, disini nelayan juga masuk dalam kategori ini. Didalam aplikasi tersebut fokus memberikan literasi mengenai bisnis bagi para pelaku UMKM Kemaritiman. Produk ini bernama my capness . my capness disini singakatan dari my capital business . kenapa capital business karena didalamnya itu nanti ada pengetahuan mengenai bisnis dan juga permodalan, karena untuk para perilaku UMKM ini sendiri masalahnya seringkali mengenai permodalan, jadi didalam aplikasi dan website ini nanti ada berbagai pengetahuan bagaimana cara mendapatkan modal  dan sebagainya.  Selain permodalan, terdapat literasi bisnis yang lain dan juga terdapat konsultan bisnis yang memfasilitasi para pelaku UMKM Kemaritiman apabila mereka ingin konsultasi mengenai bisnisnya.Hal ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM Kemaritiman dalam mengembangkan usahanya. Karena yang  terjadi saat ini para pelaku UMKM contohnya nelayan  masih sangat tergantung permodalannya kepada para tengkulak, mereka meminjam kepada tengkulak dan hasil ikan tangkapannya nanti  akan dijual kembali ke tengkulak dengan harga yang rendah, kemudian tengkulak menjual kembali  hasil laut dari para nelayan dengan harga ya ng jauh lebih tinggi. Disini harapanya dengan adanya literasi bisnis yang kami berikan melalui websitedan aplikasi dapat membantu pelaku UMKM Kemaritiman dalam mengembangkan usahanya.

Selain aplikasi dan website yang anda berikan kepada pelaku UMKM usaha apalagi yang mendukung program anda?

Selain aplikasi dan website saya memiliki projek yang berkerjasama dengan womenwill dan gapura digital bersama teman saya  untuk saat ini, InsyaAllah akan dilaksanakan pada tangal 21 Mei 2019 dan ini nanti merupakan pelatihan bisnis bagi para pelaku UMKM dan mahasiswa yang sudah memiliki bisnis. Dengan tujuan memberikan sosial Impact kepada Masyarakat, jadi bukan hanya perlombaan saja dan pngetahuan saja yang kita berikan tapi kita hraus membuat projek yang memberikan berbagai manfaat dari masyarakat sekitar. Selain itu, sekarang ini saya tergabung di dalam mamasaja.id dimana itu merupakan sebuah startup yang sedang saya dan teman-teman kembangkan.

Pelatihan yang anda berikan akan diadadakan dimana kak?

Pelatihanya akan diadakan di Aula Teknik Sipil Polinema, disini saya juga banyak kerjasama dengan berbagai kalangan, yang pertama dari Gapura digital dan Women will Malang , kemudian karna saya tergabung di start up mama saja yang saat ini juga bernaungan di usaha mahasiswa, ini saya bikin prohramnya untuk mahasiswa dan juga masyarakat jadi sangat match untk membantu terselenggaranya acara ini.

Bagaimana sih harapan kedepannya setelah berbagi cara telah dilakukan?

Harapannya pastinya yang pertama, pelaku UMKM sendiri akan mendapatka literasi bisnis yang tepat sehingga dapat mengembangkan usahanya dengan baik dan dapat mengembangkan usahanya secara mandiri, dan tau bagaimana mengembangkan usaha secara kedepannya. Kemudian yang kedua untuk permodalan bagi para pelaku UMKM, mereka bisa mendapatkan bagaimana caranya mendapatkan ilmu permodalan yang baik agar tidak salah mengambil langkah, dan tentunya selain itu dapat memberikan impact yang besar bagi Indonesia. Karena semakin banyak UMKM yang berkembang di Indonesia semakin bisa menambah perekonomian yang ada di Indonesia.

Kenapasih kak Mengangkat tentang Kemaritiman? Apakah sebelumnya mengkuti organisasi di bidang kemaritiman?

Sejauh ini masih belum pernah mengikuti organisasi dibidang kemartiman, hanya terfikirkan saja karena saat ini yang memanfaatkan sumberdaya alam di bidang kemaritiman hanya sangat sangat sendikit, padahal kemaritiman yang ada di Indonesia luar biasa melimpah. Disisi lain, Indonesia juga berperan sebagai poros maritim yang seharusnya memberikan kesempatan yang sangat luar biasa bagi bangsa Indonesia untuk memaksimalkannya.

Dengan adanya aplikasi dan website ini bisa mengenalkan mengenai kemaritiman dan masyarakat semakin sadar. Disini aku memfokuskan di literasi bisnis, karena aplikasi yang memberikan mengenai permodalan itu sudah banyak dan luar biasa sekali, ada Amartha dan lain sebagainya. Dan kenapa aku memilih untuk fokuspada kemaritman terlebih dahulu, karena dalam menyelesaikan suatu masalah itu tidak dapat menyeleaikan secara keseluruhan secara langsng, tapi kita harus fokus terlebih dahulu satu-persatunya.

Untuk saat ini yang menjadi inisiator dari aplikasi ini masih ada di Malang, kenapa di malang? Karena untuk di Malang sendiri itu, budidaya ikan tertinggi itu ada diMalang. Selain itu keberadaanku yang di Malang juga mempermuda aku untuk mengontrol projek yang sudah aku lakuka, namun untuk kedepannya aku inginnya gak hanya di malang tapi juga di kota-kota lain, agar ini bermanfaat bagi masyarakat luas.

Pesan untuk Mahasiswa UM

Dalam menjalani suatu hal kita harus mencintai hal yang kita lakukan, karena jika kita sudah mencintai aktivitas kita, kita akan enak dalam menjalankannya. Selain itu jangan pernah takut untuk mencoba, agar kita bisa tau seberapa berhasilnya diriku agar kita bisa belajar, dan satu lagi jangan takut salah, karena dari kesalahan itu kita bisa belajar, jangan takut untuk berproses. Cintya

Bagikan informasi ini: