Kamal Ucul: Uniknya Belajar Budaya Melalui Gantungan Kunci

Indonesia terkenal dengan berbagai keanekaragaman budaya dari Sabang sampai Merauke. Sayangnya, wawasan akan budaya yang dimiliki warga Indonesia saat ini masih sangat minim. Melihat hal tersebut, lima mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) menggagas sebuah produk inovatif yang bisa mendekatkan kembali budaya Indonesia dengan masyarakat. Produk mahasiswa UM tersebut dinamai KAMAL UCUL yang merupakan perpaduan antara gantungan kunci dan aplikasi. KAMAL UCUL merupakan singkatan dari Key Chain for Smart Learning Our Culture.

Tim KAMAL UCUL membuat 34 gantungan kunci sesuai provinsi di Indonesia dengan desain yang berbeda-beda. Di sisi belakang gantungan kunci akan terdapat Quick Response Code (QR Code) yang merupakan kunci untuk mengakses aplikasi edukasi budaya. Lewat Quick Response Code, pembeli dapat masuk mengakses aplikasi untuk belajar dan bermain sesuai dengan provinsi gantungan kuncinya. Nantinya, pembeli gantungan kunci dapat mengunduh aplikasi ‘Cerdas Budaya Kamal Ucul’ di Playstore dan menggunakannya di gawai.
“Mengenalkan budaya dengan cara menyenangkan dapat memacu generasi milenial yang cerdas teknologi akan tetap mencintai budaya sendiri”, tutur Nahdhiah Ketua Tim KAMAL UCUL

Pewarta: Dewi Ayu Sakdiyyah

Bagikan informasi ini: