Rangkaian lomba permainan tradisional menjadi olahraga yang dilakukan pada kegiatan Turnamen Olahraga Tradisional di SMP PGRI 2 Pakisaji. Kegiatan ini berlangsung pada hari Kamis (20/6), diselenggarakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) yang berlokasi di Desa Permanu, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Lomba yang berlangsung mulai pukul 08.00-13.00 WIB ini diperuntukkan bagi siswa-siswi kelas tujuh dan delapan.

Permainan tradisional yang dilombakan dalam kegiatan ini yakni bakiak dilakukan secara tim, balap karung dilakukan secara estafet, dan lomba memasukkan paku dalam botol dilakukan secara individu. Kegiatan ini sukses memancing antusias siswa-siswi SMP PGRI 2 Pakisaji. Mereka datang tepat waktu dengan memakai seragam olahraga. Kegiatan diawali dengan pemanasan, dilanjutkan dengan babak penyisihan sampai babak final.

Turnamen olahraga yang diikuti oleh 60 siswa ini mendapatkan masing-masing dua pemenang di setiap tangkai lomba. Tangkai lomba bakiak dimenangkan oleh tim Saiful, Rofi, dan Nyariudin dari kelas 8 sebagai juara satu. Disusul tim Oliv, Susi, dan Dewi dari kelas 7 sebagai juara dua. Tangkai lomba balap karung dimenangkan oleh tim Kristin dan Safia dari kelas 8 sebagai juara satu, disusul tim Nabil dan Hendrik dari kelas 7 sebagai juara dua. Lomba memasukan paku dalam botol dimenangkan oleh Andre dari kelas 8 sebagai juara satu dan Devi dari kelas 7 sebagai juara dua. Hadiah juga diberikan kepada para suporter terbaik yakni siswa-siswi kelas tujuh. Kriteria suporter terbaik yaitu aktif, energik, dan kompak.

Turnamen berjalan sukses dan meriah. “Acara Turnamen Tradisional tadi cukup sukses. Kegiatannya juga sangat meriah. Adanya kegiatan ini tentunya melatih mental bersaing dan sportivitas dalam perlombaan dan pertandingan. Selain itu dengan adanya kegiatan ini menjadi ajang menambah keakraban sesama teman,” ujar Zainal, Ketua Pelaksana. Respon positif juga datang dari pihak sekolah, sesuai dengan pernyataan Kepala Sekolah SMP PGRI 2 Pakisaji, “Saya berterima kasih kepada mahasiswa KKN dari UM yang telah mengadakan kegiatan seru di sekolah kami, dengan begitu mereka menjadi lebih senang setelah mengadapi ujian kenaikan kelas,” ujar Kepala Sekolah SMP PGRI 2 Pakisaji. Kegiatan diakhiri dengan pengumuman pemenang, penyerahan hadiah, dan foto bersama.

Pewarta: Rizkha