Antusias yang luar biasa datang dari ibu-ibu di Desa Tulung, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Mereka adalah peserta pelatihan pembuatan selai melon dan pengenalan pemasaran daring yang digelar oleh tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) di Desa Tulung, Senin (24/6). Pelatihan ini juga dihadiri langsung oleh Ibu Lurah Desa Tulung.

Pelatihan pengolahan melon didampingi langsung oleh tim KKN UM yang sudah mengusai pembuatan selai melon. Sedangkan pengenalan pemasaran daring didampingi langsung oleh mahasiswa KKN UM dari Fakultas Ekonomi. Pembagian tugas ini bertujuan untuk memaksimalkan pelatihan agar dapat berjalan dengan lancar. Kegiatan ini merupakan program kerja utama yang diusung oleh tim untuk mendukung potensi yang dimiliki oleh desa. Ilmu yang didapat dari pelatihan ini diharapkan dapat diterapkan oleh warga untuk mengolah melon menjadi makanan siap saji. Tidak berhenti di situ, panitia berharap produk tersebut dapat dipasarkan secara daring oleh warga.

Pada proses pengolahan ibu-ibu terlihat sangat bersemangat dan memperhatikan setiap langkah pembuatan melon dan pemasaran daring. Bahkan ada seorang ibu yang langsung mencoba membuat akun untuk memasarkan dagangannya. “Saya sangat senang dengan adanya pelatihan pembuatan selai dan pemasaran lewat media online karena sangat membantu warga di Desa Tulung,” jelas Bu Lurah. Selain itu, sambutan positif juga datang dari salah satu peserta pelatihan. “ Alhamdulillah, senang sekali dengan adanya pelatihan ini, jadi bisa buat selai di rumah tanpa pengawet,” ungkap Bu Nunik.

Pada akhir acara para peserta dapat mencicipi secara langsung selai yang sudah dibuat. Selain itu, juga disediakan secangkir selai dan souvenir untuk semua peserta yang bersedia hadir pada pelatihan tersebut. “ Alhamdulillah, saya sangat senang karena peserta yang hadir di luar prediksi saya. Bahkan di akhir acara banyak sekali ibu-ibu yang mencatat bahan dan langkah pembuatan,” terang Anggun, penanggung jawab kegiatan dengan wajah berbinar.

Pewarta: Safira Putri Huriya