LALA & LILO, Inovasi Mahasiswa UM Untuk Pembelajaran Prasekolah

Sungguh luar biasa, sejak dicetuskannya Universitas Negeri Malang (UM) sebagai Pusat Inovasi Pembelajaran atau Learning Innovation Center oleh Menristekdikti, semakin banyak inovasi-inovasi baru tercipta khususnya di bidang pembelajaran. Kali ini inovasi terbaru yang membanggakan tercipta dari sekelompok mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra (FS) UM yang diketuai oleh Alif Hanifatur Rosyidah, bernama LALA & LILO. LALA & LILO merupakan buku cerita berbahasa Inggris yang dilengkapi dengan suara narasi didukung aplikasi android untuk anak prasekolah. Inovasi yang menyasar anak prasekolah ini masih terbilang baru di dunia pendidikan. Menurut Alif inovasi buku cerita berbahasa Inggris dan berbunyi ini, ia kerjakan bersama empat orang temannya. “Saya bersama anggota tim terdiri dari empat orang telah berhasil menciptakan buku cerita berbahasa Inggris berbunyi yang mendukung aplikasi android dan kami beri nama LALA & LILO. Kami juga telah melakukan validasi penerapan buku ini bagi anak prasekolah dengan beberapa pakar ahli pendidikan dan desain ilustrasi,” ujarnya.

“Hasil validasi yang kami lakukan pada beberapa pakar ahli pendidikan dan desain ilustrasi menunjukkan hasil positif, di mana buku cerita ini sangat efektif bagi anak prasekolah untuk mengenal pelajaran dasar berbahasa Inggris yang baik dan benar. LALA & LILO memang efektif dalam pendidikan bagi anak prasekolah. Kami akan terus mengembangkan inovasi ini agar dapat lebih mudah dipahami lagi,” jelasnya. Dengan menggunakan aplikasi android sebagai pengeluar suara, ia menilai media pembelajaran tersebut memiliki tingkat keamanan yang lebih baik terhadap anak prasekolah. Selain itu, dalam aplikasi android juga terdapat sepuluh tombol yang berisi suara di setiap halamannya guna memudahkan penggunaan bagi anak prasekolah.

“Aplikasi android itu bisa terhubung dengan buku cerita ini dengan menggunakan barcode scaner,” Pengguna dapat melakukan scan barcode yang ada dalam buku cerita dengan kamera melalui aplikasi android yang telah tersedia,”terangnya. Saat ini, inovasi tersebut memang dibuat khusus untuk media pembelajaran anak prasekolah. Namun menurutnya, media pembelajaran tersebut masih dapat dikembangkan untuk media pembelajaran tingkatan yang lebih bervariasi. Menurut Alif Inovasi buku cerita Bahasa Inggris LALA & LILO ini juga pernah lolos seleksi nasional yakni Indonesian Invention Innovation Promotion Association (INNOPA) dan kompetisi 4th Istanbul International Inventions Fair – ISIF’19. “Sebagai Mahasiswa UM kami merasa bangga inovasi yang kami ciptakan pernah lolos seleksi di INNOPA dan ISIF 2019 di Istanbul Turki,” tandasnya.

Pewarta: Hafizah Islami Rahmadina

Bagikan informasi ini: