Asean University Network (AUN) merupakan sebuah organisasi jejaring universitas yang mempunyai tujuan utama untuk memperkuat dan meperluas kerja sama di bidang pendidikan tinggi antarnegara di Asean. AUN Quality Assurance (QA) adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh AUN yang bertujuan untuk melakukan penjaminan mutu progam studi (prodi) yang ada di universitas. Saat ini Universitas Negeri Malang (UM) sedang melakukan AUN-QA untuk pertama kalinya. Ada empat prodi yang diikutsertakan, yaitu Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris dari Fakultas Sastra (FS) serta prodi Fisika dan Biologi dari Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Sertifikasi prodi ini hanya bisa dilakukan oleh prodi yang sudah menjadi member.

“AUN-QA merupakan kategori sertifikasi dan bukan akreditasi. Namun, biasanya orang-orang menyebutnya akreditasi,“ kata Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd. selaku Kepala UPT Satuan Penjamin Mutu. Sebelumnya sudah dilaksanakan simulasi visitasi yang bertujuan untuk mengevaluasi bagian yang perlu dibenahi. Visitasi pada (21-22/5) yang bertempat di Ruang Sidang Senat Graha Rektorat Lantai 9 dihadiri oleh delapan asesor dari Filiphina, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Pada saat visitasi asesor bertemu dengan pimpinan di tingkat universitas dan fakultas. Para asesor juga akan bertemu dengan perwakilan mahasiswa dan alumni.

Akreditasi ini sangat penting untuk peningkatan kualitas prodi agar memiliki pengakuan yang bisa bersaing di tingkat internasional. Penilaian dilakukan secara mandiri (self assesment) dengan melakukan penulisan self assesment report (SAR). Proses ini diikuti dengan mengonfirmasi kelengkapan dokumen dan menentukan action for improvement terhadap hasil SAR. Setelah itu barulah ada visitasi oleh tim reviewer dari anggota AUN yang berasal dari anggota Asean lain untuk memberikan masukan terhadap self assessment yang telah dilakukan. Penilaian AUN-QA terdiri dari 11 kriteria, yaitu expected learning, outcome, programme specification, programme structure and content, teaching and learning approach, student assesment, academic staff quality, support staff quality, student quality dan support, facilities and infrastructure, quality enhancement, dan output.

Manfaat untuk universitas dan prodi yang telah disertifikasi oleh AUN-QA adalah kesetaraan prodi dengan progam studi universitas berkualitas tinggi lainnya di Asean. Selain itu mahasiswa prodi bersertifikat AUN-QA dapat melakukan transfer kredit ke universitas lain yang telah disertifikasi. Manfaat lainnya bagi prodi yang telah memegang sertifikasi AUN-QA yaitu peluang untuk berpartisipasi dalam progam AUN-QA serta mengembangkan kerja sama dengan organisasi mitra Asean. Mereka juga berpeluang terlibat dalam lokakarya dan kursus pelatihan AUN-QA, serta berbagi pengalaman implementasi untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi, menambah jaringan antarnegara Asean, dan terlibat dalam konferensi yang diselenggarakan AUN-QA. “Setelah visitasi semoga hasilnya memuaskan dan bisa menjadi pemicu dan pemacu prodi yang lain untuk berkiprah dan mampu bersaing di tingkat internasional,” pungkas Imam.Desy