Disparbud Kabupaten Malang Apresiasi Kerja Tim KKN UM

Salah satu program kerja mahasiswa KKN UM Beringin Wajak, yakni mengelola kawasan Sumber Wiwit sebagai objek wisata. Sumber ini diberi nama wiwit yang berarti awal. Penamaan tersebut dimaksudkan sebagai penanda bahwa Sumber Wiwit yang pertama kali ada di desa tersebut. Tim mahasiswa KKN UM Desa Beringin menyusun konsep sejak bulan Juni sampai Juli agar Sumber Wiwit bisa menjadi wisata terdekat yang menyenangkan bagi masyarakat Desa Beringin, Wajak.

Cross-Cutting Capacity Development Project (CCCD), sponsor program ini mengatakan, pihaknya tidak kecewa meluncurkan dana sebesar Rp33.000.000,00 untuk tim mahasiswa KKN UM terkait pembangunan objek wisata yang digarap sejak (13/6) ini. Pihaknya juga menuturkan bahwa tim mahasiswa KKN UM adalah mahasiswa-mahasiswa kreatif yang mau bekerja sama dengan warga dalam pembuatan wisata Sumber Wiwit.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disprbud) Kabupaten Malang turut hadir melihat penggarapan objek wisata Sumber Wiwit pada (25/6) lalu. Pihaknya mengungkapkan konsep yang dikerjakan oleh tim mahasiswa KKN UM Desa Beringin cukup kreatif, mengingat pemerintah kabupaten tengah gencar meningkatkan potensi wisata daerah. “Ide dari adik-adik KKN ini sangat luar biasa. Mereka memikirkan konsep yang bagus untuk pembagunan wisata dari desa,” terang Rini, salah satu pengurus Disparbud Kabupaten Malang.

Perangkat Desa Beringin Wajak juga berterima kasih kepada tim mahasiswa KKN UM, karena mereka bukan hanya sekadar memberikan konsep wisata, tetapi juga mengajak warga bergotong royong dalam pembangunan desa wisata Sumber Wiwit. Tim mahasiswa KKN membuat ornamen desa yang bertuliskan Sumber Wiwit, pembangunan gapura besi, dan papan penunjuk jalan. Harapannya, mahasiswa yang akan KKN di Desa Beringin, baik UM maupun selain UM mampu melanjutkan perkembangan wisata Sumber Wiwit agar bisa ramai dikunjungi warga Malang Raya.

Pewarta: Cintya Indah Sari

Bagikan informasi ini: