Plang Renteng: Infografis di Dusun Pengrajin Bambu

Bambu merupakan tanaman liar yang memiliki banyak manfaat jika diolah dengan baik, misalnya untuk bahan pangan atau yang biasa disebut rebung. Selain digunakan sebagai bahan pangan, bambu juga dapat digunakan sebagai bahan kerajinan yang bermanfaat. Bambu dapat diolah menjadi kerajinan tangan yang berguna sebagai peralatan rumah tangga sehingga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dusun Renteng, Desa Kasri, Kecamatan Bululawang merupakan salah satu dusun penghasil kerajinan bambu terbesar di Kabupaten Malang. Kerajinan yang dibuat meliputi bakul (tempat nasi), dinding rumah, tempeh, kurungan ayam, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Sayangnya, pemasaran produksi kerajinan tersebut masih belum meluas. Kerajinan dari Dusun Renteng hanya di pasarkan di Gadang, Bululawang, dan Kepanjen karena terbatasnya produsen dan faktor usia penjual. Melihat kenyataan itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (UM) berinisiatif membuat plang infografis kerajinan dari olahan bambu di Dusun Renteng, Minggu (7/7),

Dengan adanya plang infografis, diharapkan masyarakat luas menjadi tahu apa saja produk yang dibuat di Dusun Renteng dan berpengaruh terhadap produksi kerajinan. “Antusias warga Renteng dalam pemasangan plang infografis tersebut tampak baik, untuk bahan pemasangan pun diberi oleh kepala Dusun Renteng,” kata seorang mahasiswa KKN Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Kurnia Putrilia.

Pewarta: Mustiko W. Widodo

Bagikan informasi ini: