Tim Pengmas UM Bantu Tingkatkan Kualitas Keselamatan Kerja TPST 3R Mulyoagung

Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Universitas Negeri Malang (UM) yang diketuai oleh Lucky Radita A, S.KM., M.PH, telah menyelenggarakan sosialisasi peningkatan kualitas hidup para pekerja pemungut dan pemilah sampah di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Kegiatan yang bertema “Peningkatan Quality Of Life Pekerja Pemungut dan Pemilah Sampah” ini, berlangsung pada hari Sabtu (13/7) di aula Tempat Penampungan Sampah Terpadu: Reduce, Reuse, Recycle (TPST 3R), Mulyoagung Bersatu Dau.

TPST 3R Mulyoagung Bersatu Dau merupakan salah satu di antara TPS yang ada di Kabupaten Malang. Setiap harinya TPS tersebut menampung berbagai macam sampah dari masyarakat di sekitar Kecamatan Dau sebelum diangkut ke TPA. Kegiatan pengumpulan dan pemilahan sampah berpotensi terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Terlebih, pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), belum dilakukan sesuai standar. Selain kurangnya pemahaman pekerja mengenai standar K3, ketidaktersediaan Alat Pelindung Diri (APD) dan perlengkapan P3K di TPS tersebut juga menjadi masalah. Akibatnya, masih banyak pekerja pemungut dan pemilah sampah di TPST 3R masih mengalami kecelakaan atau cedera. Meskipun termasuk dalam kecelakaan kategori ringan, pekerja tetap wajib menggunakan APD yang sesuai standar dan mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

Sosialisasi ini mengundang Dr. Yudhi Utomo M.Si., salah satu dosen UM sebagai pembicara utama. Kegiatan berlangsung lancar dan dihadiri oleh 41 peserta yang terdiri dari pekerja dan pegawai administrasi TPST 3R. Sosialisasi yang dimulai pada pukul 11.00 WIB ini dibuka oleh Supadi selaku Ketua TPST 3R Mulyoagung Bersatu Dau. Pada akhir kegiatan sosialisasi, peserta diajak untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan gratis dengan dr. Desi Ariwinanti,. M.PH. Konsultasi kesehatan gratis yang dilakukan berupa pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, perhitungan indeks masa tubuh (IMT), pengecekan tekanan darah, kadar gula, kolesterol, dan asam urat.

Pewarta: Mustiko W. Widodo

Bagikan informasi ini: