Ajak Siswa Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Dini

Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Universitas Negeri Malang (UM) adakan sosialisasi kesehatan gigi dan mulut di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ihyaul Ulum, Kelurahan Temas, Kota Batu pada Sabtu (24/8). Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajarkan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut anak sejak dini. Kepala sekolah MI Ihyaul Ulum sangat antusias dan mendukung terlaksananya kegiatan ini. “Anak-anak sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Terima kasih kepada mahasiswa Kesmas UM yang telah bersedia mengadakan kegiatan ini, khususnya bagi kelas 1 dan 2,” ujarnya. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk program kerja Praktik Belajar Lapangan (PBL) mahasiswa UM. Sebanyak 47 anak siswa menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Pada kegiatan ini siswa diberikan penyuluhan tentang tata cara menggosok gigi dan menjaga kesehatan mulut dengan menggunakan media panggung boneka. Demi menarik perhatian anak-anak untuk berpartisipasi, mahasiswa Kesmas UM turut bernyanyi dan mempraktikkan gerakan gosok gigi yang baik dan benar. Setelah penyuluhan disampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan praktik menggosok gigi serentak. Siswa pun sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai.
Farid Alwi, koordinator kelompok berharap setelah dilaksanakan penyuluhan ini anak-anak dapat membiasakan diri menjaga kebersihan dan mengetahui cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. “Alasan kami mengadakan program ini, berdasarkan hasil wawancara dengan stakeholder, data puskesmas, dan bidan desa untuk RW 11 memang paling tinggi terdapat karies gigi, salah satunya di MI Ihyaul Ulum ini,” terangnya. “Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkat pengetahuan anak tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini,” imbuhnya.

Kontributor: Mustiko

Bagikan informasi ini: