Kopma UM Jadi Tuan Rumah JAMKOPNAS 2019

Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional (Jamkopnas) merupakan kegiatan rutin tahunan untuk koperasi-koperasi mahasiswa di Indonesia. Pada tahun ini Universitas Negeri Malang (UM) berkesempatan menjadi tuan rumah dalam acara tersebut. Kegiatan yang diikuti oleh 69 tim dari 65 Perguruan Tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia ini, berlangsung selama 5 hari pada (16-19/9) di Sasana Budaya UM. Event Jamkopnas merupakan event rutin yang diselenggarakan atas kerja sama antara Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (FKKMI) pusat dengan Koperasi Mahasiswa (KOPMA) yang menjadi juara umum dalam kegiatan Jamkopnas pada tahun sebelumnya.

Mengusung tema “Satu Padu Insan Hatta Muda Melalui Pendidikan Koperasi yang Berbudaya”, acara ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antarkader koperasi mahasiswa se-Indonesia, selain itu juga sebagai ajang kompetisi intelektual kader-kader Kopma pada lingkup nasional. Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan antara lain seminar nasional, coop competition, field trip, dan malam puncak penyerahan piala untuk para pemenang. Macam-macam perlombaan dalam event tahunan ini terdapat 2 kategori yakni Kategori juara umum dan juara favorit. Adapun jenis lomba dalam kategori juara umum adalah lomba CoopArt, CoopPlan, CoopMedia, CoopSmart, CoopDebate, dan CoopAmbassador. Sedangkan untuk kategori juara favorit adalah lomba kreatif seni, jingle koperasi serta lomba kedisiplinan dan keaktifan.

Ahmad Syamsul Ma’arif, selaku Koordinator Pengawas Kopma UM menyampaikan bahwa sangat bangga bisa menjadi tuan rumah Jamkopnas pada tahun ini. “Harapannya ke depan, acara seperti ini bisa diikuti lebih banyak lagi peserta dari seluruh Indonesia,” tuturnya.

Pewarta: Dewi ayu sakdiyyah

Bagikan informasi ini: