Tetap Eksis: 32 Tahun Pekan Arabi Bumikan Bahasa Arab

Pekan Arabi merupakan event bahasa Arab tertua yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM). Acara tersebut pertama kali dilaksanakan pada tahun 1987. Sampai saat ini tercatat sudah 32 tahun ajang tersebut digelar. Kegiatan ini dilaksanakan selama delapan hari, yakni pada (14-21/09) dengan menggunakan beberapa venue seperti Aula Ava Sastra, Aula Perpustakaan, Gedung D7 Fakultas Sastra, dan Ruang Senat Gedung A3.

Mengambil tema “Membumikan Bahasa dan Sastra Arab di Era Milenial”, acara ini bertujuan untuk mengetahui kualitas bahasa Arab di Indonesia serta menjaring siswa-siswi yang mumpuni di bidang bahasa dan sastra Arab. Lomba yang diikuti oleh 480 peserta ini dibagi menjadi dua kategori, yakni kategori untuk tingkat SMA/sederajat dan kategori umum. Macam-macam lomba untuk kategori umum antara lain kaligrafi, albanjari, ghina’ arabi, dan qira`atul kutub. Sedangkan lomba untuk kategori SMA/MA sederajat antara lain munadharah ilmiyyah, taqdimul qishshah, olimpiade bahasa Arab, cerdas cermat, khathabah, qira’atul akhbar, dan qira’atus syi’ri.

Tahun ini juara umum diraih oleh Pondok Pesantren Annuqayah dari Kota Sumenep, Madura. Mohammad Rozy Zamroni, Ketua HMJ Sastra Arab ungkapkan rasa syukurnya karena acara bisa berjalan dengan lancar. “Ke depannya saya berharap jumlah peserta yang mengikuti lomba akan terus meningkat,” tuturnya.

Pewarta: Dewi Ayu Sakdiyyah

Bagikan informasi ini: