Wakdimin Sukses Bawa UM Juara 1 Tingkat Nasional

Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Malang (UM), Agung Minto Wahyu, Afifah Chusna Az Zahra, dan Angger Pangestu berhasil meraih Juara 1 dalam Lomba Islamic Banking and Finance yang diselenggarakan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada (15/10). Peserta perlombaan berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang diseleksi menjadi top 5 finalis untuk mempresentasikan papernya di kancah Nasional salah satunya Tim Universitas Negeri Malang (UM).

Tim UM mengeluarkan inovasi berupa Wakaf Uang Digital untuk Milenial (Wakdimin) yaitu aplikasi yang memfasilitasi generasi milenial yang memiliki keinginan untuk berwakaf sehingga lebih mudah dan simpel. Afifah Chusna mewakili tim mengungkapkan bahwa ciri khas dari aplikasi ini menggunakan konsep perilaku prososial dalam psikologi yang dikombinasikan dengan konsep wakaf. “Aplikasi tersebut harapannya semakin banyak generasi milenial yang sadar mengenai keutamaan dalam berwakaf serta pengelolaan wakaf uang digital untuk mengembangkan UMKM halal di Indonesia yang diharapkan nantinya dapat mengurangi pengangguran sehingga dapat mengurangi kemiskinan di Indonesia,” ujarnya.

Lomba yang bersamaan dengan pekan Ujian Tengah Semester (UTS) tidak membuat Tim UM tutup mata terhadap masalah di lingkungan sekitar. Afifah Chusna juga mengungkapkan bahwa sudah tugas generasi muda untuk bermanfaat terhadap lingkungan sekitar dan kemajuan negara Indonesia. “Generasi muda harus aware terhadap permasalahan-permasalahan disekitarnya, sehingga dapat memunculkan ide-ide baru yang dapat mengatasi permasalahan tersebut,” tuturnya.

Pewarta: Karina Okta Bella

Bagikan informasi ini: