Mahasiswa UM Kalungi Medali Perak LIDM

Mahasiswa Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) kembali mengharumkan nama UM pada kontes yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada (14-16/11). Prestasi membanggakan datang dari Abdul Fattah, Anastasia Pramudya Wardhani, Cindy Sintia Dewi, dan Putri Nur Fahriyanti yang dibimbing oleh Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim, S.Pd., M.Pd. berhasil menyabet medali perak pada Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) kategori Poster Instagram. “Sebenarnya ini berawal dari tugas membuat poster salah satu mata kuliah Jurusan Sejarah untuk diikutsertakan dalam LIDM. Saya dan tim tidak menyangka bahwa tim saya bisa lolos 10 besar finalis LIDM dan ini event nasional pertama saya sejak menjadi mahasiswa UM,” tutur Fattah.

Berbekal ketekunan dari latihan, motivasi, dan bimbingan dari dosen, mereka berhasil membuat desain poster dengan judul “Pencegahan Pelecehan Seksual”. Perjuangan saat perlombaan yang mereka lalui mulai dari membuat naskah orasi sampai kampanye isi poster membuahkan hasil yang tidak mengecewakan. “Penilaian perlombaan mulai dari orasi di ruang terbuka di mana poster dipajang di stand kami dan juri berkeliling setiap stand melihat presentasi. Diakhiri dengan kampanye isi poster. Saya dan tim merasa puas dengan presentasi yang kami lakukan dan optimis dapat juara,” ujarnya.

Fattah juga berpesan kepada generasi muda agar terus berkreasi dan berinovasi dalam membuat sebuah karya, selama hal tersebut bermanfaat dan terdapat hal unik serta menarik. Kembangkan karya tersebut karena akan bermanfaat kemudian hari. Jangan takut untuk berubah dan membuat sesuatu yang berbeda karena dari ide dan inovasi mungkin bisa membawa perubahan bagi lingkungan, bangsa, dan negara dalam mencapai kemajuan.

Pewarta: Waviq Azizah

Bagikan informasi ini: