UM Kukuhkan Guru Besar FMIPA

Universitas Negeri Malang (UM) baru saja mengukuhkan dua guru besar dalam bidang keahlian ilmu pengetahuan alam, Senin (25/11). Keduanya adalah Prof. Dr. Fauziatul Fajaroh, M.S. dalam bidang Ilmu Kimia Material dan Prof. Dr. Markus Diantoro, M.Si. dalam bidang Ilmu Fisika Material. Acara pengukuhan yang dihadiri kurang lebih 120 tamu undangan ini berlangsung di Gedung Graha Rektorat UM.

Keduanya masing-masing menyampaikan pidato pengukuhan yang berisikan penelitian terbarukan mereka. “Daya tarik nanomaterial itu pula yang menarik minat kami untuk turut berkontribusi pada perkembangan nanomaterial. Objek yang menjadi kajian kami hanyalah satu di antara ribuan, jutaan, atau bahkan miliaran objek kajian. Kami bersama tim baru berhasil mengembangkan nanopartikel yang dikenal sebagai ferrit (besi, red.) dan kompositnya,” terang Fauziatul Fajaroh dalam pidato pengukuhannya yang berjudul Kiprah Nanomaterial dalam Kehidupan Manusia dan Dampaknya.

Sementara itu dalam pidatonya yang berjudul Menyelami Kesederhanaan Struktur, Memanfaatkan Derajat Kompleksitas Materil, Markus Diantoro menyampaikan pemahaman mengenai struktur mikro. “Judul ini dipilih bukan tanpa kesengajaan. Kami mengangkat pentingnya memahami struktur mikro untuk mengenal sifat yang tampak, demikianlah tugasnya,” terangnya.

Proses lama dan panjang untuk bisa mendapatkan gelar tertinggi ini membuat acara pengukuhan berlangsung sakral. Kebahagian kedua guru besar itu semakin lengkap dengan kehadiran orang tua serta keluarga yang mendampingi selama proses pengukuhan.

Pewarta : Agustin Rahayu Intan Berlianti

Bagikan informasi ini: