Water-Thing Monitoring Sukses Raih Juara Esai Nasional

Esai “Water-Thing Monitoring Genangan Air di Kota Malang Berbasis Thing Speak Framework dan Augmented Reality” karya Fajar Ananda Saputra berhasil meraih Juara 2 Lomba Esai Tingkat Nasional Telemotion 2019 yang diadakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) pada (9/11). Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang (UM) ini mengaku terinspirasi dari fenomena banjir yang tak dapat dihindari setiap tahun, salah satunya di Kota Malang. “Karena menurut Data Informasi Bencana Indonesia Tahun 2019, permasalahan banjir di Jawa Timur menempati posisi ke 2 salah satunya di Kota Malang. Indikator adanya banjir adalah timbulnya genangan air, maka dari itu tercipta inspirasi untuk menciptakan alat Water-Thing Monitoring dalam memantau genangan air,” jelasnya.

Esai yang dibimbing oleh Irawan Dwi Wahyono, S.T., M.Kom. tersebut, mengangkat topik “Embrace IoT for Society 5.0” dalam penerapannya menggunakan sistem Internet of Things (IoT) sehingga pemantauan dapat diakses secara real time, di manapun dan kapanpun. Alat tersebut dilengkapi dengan sensor yang akan dipasang di daerah rawan genangan air, sehingga level ketinggian air dapat dipantau dari smartphone. “Harapannya inovasi tersebut dapat diterapkan di Kota Malang sehingga dapat memecahkan permasalahan mengenai genangan air sebelum terjadinya banjir,” tuturnya.

Ia juga berpesan kepada generasi muda untuk lebih berpikir kreatif dan inovatif sehingga menjadi generasi yang berguna untuk membangun dan memajukan bangsa Indonesia. Selain itu, dapat mengimplementasikan gagasannya, sehingga tidak sebatas karya tulis saja.

Pewarta: Karina Okta Bella

Bagikan informasi ini: