Automatic Function Machine (AFM) Boyong Juara GMM UPI

Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang (UM) tuai prestasi pada ajang Gema Mahasiswa Matematika (GMM) yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Himatika Identika Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di bawah naungan Departemen Pendidikan Matematika. Dibimbing oleh Dr. Abdul Qohar, M.T, Fenny Fridiana Lifira, Rintang Utami, dan Ema Nurmalasari berhasil menyabet juara 3 cabang Kompetisi Media Pembelajaran Matematika (KMPM) 2019 se-Jawa di Fakultas Pendidikan Matematika dan Pengetahuan Alam (FPMIPA) UPI pada (23-24/11). “Tim UM presentasi terakhir saat itu, dan semua audience begitu memperhatikan kami, mungkin karena kami peserta terakhir dan jauh-jauh dari Jawa Timur. Kami senang bisa membawa nama UM di UPI karena sama-sama kampus pendidikan, jadi banyak hal yang sama contohnya sekolah laboratorium,” tutur Rintang.

Terinspirasi dari Automatic Teller Machine (ATM), ketiganya menciptakan media pembelajaran yang bernama Automatic Function Machine (AFM) yang bekerja sesuai keinginan atau satu perintah. Mesin AFM tersebut dilengkapi dengan kartu yang memiliki 2 sisi, yakni sisi X dan sisi Y. “Mencoba mengikutsertakan media yang pernah dibuat saat mata kuliah media pembelajaran matematika, kemudian dibenahi kembali berdasarkan masukan dari audience dan dosen. Setiap anggota tim berkontribusi dalam pembuatan makalah dan edit video untuk dikirimkan pada KMPM,” tegasnya saat ditanya tentang bagaimana perjuangan tim sampai menyabet juara perlombaan GMM.

Rintang juga berharap pada generasi muda saat ini agar terus berkarya dan berinovasi. “Jangan takut mencoba hal yang baru, siapa tau itu memberi manfaat bagi kita semua. Kurangilah hal-hal yang kurang bermanfaat dengan menciptakan karya-karya yang dapat dinikmati semua orang,” ujarnya.

Pewarta: Waviq Azizah

Bagikan informasi ini: